Inovasi Packaging dan Promosi Digital Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pengrajin Gula Aren
Abstract
Gula aren merupakan komoditi yang saat ini belum banyak digeluti oleh generasi milenial terutama di desa, padahal gula aren memiliki potensi dan prospek ekonomi yang bagus. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pengemasan dan promosi digital produk gula aren dan turunannya. Metode yang digunakan adalah workshop dan diskusi interaktif, adapun sebagai mitra yaitu ibu-ibu pengrajin gula aren dan pelaku UMKM di desa Sedayu, kecamatan Loano, Purworejo. Hasil kegiatan menunjukkan ketercapaian tujuan pengabdian dan pemahaman mitra tentang inovasi produksi gula aren dalam hal kualitas dan kuantitas. Selain itu, pengemasan yang semula menggunakan daun pisang kering atau plastik diubah menjadi kemasan yang bersih dan higienis. Untuk pemasaran mitra telah memiliki digital marketing melalui e-commerce maupun media sosial untuk promosi kepada masyarakat luas. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan tindakan dalam upaya meningkatkan perekonomian warga melalui gula aren.
Downloads
Copyright (c) 2024 Bagus Cahyo Parasetya, Marisa Salsabela, Allika Zaenari Fadianingtyas, Muhammad Zaki Maulana, Dina Sulistiani, Istikomah Istikomah, Mutia Febiana, Mohammad Najafahmi, Tegar Pambudi, Eko Setyadi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.