Pengembangan Game Edukasi Geografi Archipelaquiz Berbasis Android
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game yang bertujuan mengedukasi pemain mengenai pulau terluar di Indonesia, agar pemain mengetahui bahwa pulau terluar di Indonesia adalah sebuah potensi sebagai destinasi yang jarang sekali diketaui banyak orang. Pulau terluar tersebut anara lain: Pulau Rote, Pulau Miangas, Pulau Natuna, Pulau Nunukan, dan Pulau Weh. Metode yang digunakan dalam pembuatan game Archipelaquiz ini adalah Game Development Life Cycle. Dalam metode Game Development Life Cycle terdapat beberapa tahapan antara lain: Inisiasi, Pra-produksi, Produksi, Testing, Beta, dan Rilis. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi mengenai pulau terluar Indonesia yang bernama Archipelaquiz. Pengembangan game ini menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Unity Engine. Dalam game ini, terdapat lima tampilan yang akan dilihat pemain, antara lain: Main Menu, Peta Indonesia, Pop up Informasi pulau, kuis, dan Hasil akhir kuis. Game ini dapat diinstal pada smartphone dengan minimum sistem operasi Android Lolipop.
References
Azzulfa, M. A. (2021). Refleksi Wawasan Nusantara Masyarakat Indonesia terkait Urgensitas dalam Menjaga Pulau-pulau Terluar. 1–7.
Dirgantara, H. B., Prabowo, Y. D., & Jermia, M. M. (2019). Development of android-based quiz video game: Mathventure. Proceedings - International Joint Conference on Information, Media, and Engineering, IJCIME 2019, 450–454. https://doi.org/10.1109/IJCIME49369.2019.00097
Dirgantara, H. B., & Septanto, H. (2021). A Prototype of Web-based Picture Cards Matching Video Game for Memory Improvement Training. IJNMT (International Journal of New Media Technology), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31937/ijnmt.v8i1.1730
Fitriani, I. N., Juhadi, & Arifien, M. (2018). Fenomena Pulau-Pulau Kecil Terluar dan Wilayah Administratif Indonesia (Buku Suplemen Nonteks Untuk Pembelajaran Ips di SMP). Edu Geography, 6(1), 24–32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/23589
Hssina, B., Erritali, M., Bouikhalene, B., & Merbouha, A. (2014). Edugame an Android game for teaching children. International Journal of Innovation and Applied Studies, 9(4), 1531–1540.
Kadar, A. (2015). Pengelolaan Kemaritiman Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Keamanan Nasional, 1(3), 427–442. https://doi.org/10.31599/jkn.v1i3.33
Rafiqin, A., & Saputra, D. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 71–84.
Ramadan, R., & Widyani, Y. (2013). Game development life cycle guidelines. 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2013, June, 95–100. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2013.6761558
Randiani, R. E., & Dirgantara, H. B. (2020). Pembangunan Gim Edukasi Peraturan Lalu Lintas Kawasan Ganjil Genap di Jakarta Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 11(1), 36. https://doi.org/10.24002/jbi.v11i1.2943
Su, C. H., & Kai-Chong Hsaio. (2015). Developing and evaluating gamifying learning system by using flow-based model. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(6), 1283–1306. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1386a
Vitianingsih, A. V. (2016). Jurnal llmiah Bidang Teknologi lnformasi dan. Jurnal INFORM Vol. 1, No. 1, (2016) ISSN: 2502-3470, July 2016. https://www.researchgate.net/publication/328495779_Game_Edukasi_Sebagai_Media_Pembelajaran_Pendidikan_Anak_Usia_Dini
Zirawaga, V., Olusanya, A., & Maduki, T. (2017). Gaming in education: Using games a support tool to teach History. Journal of Education and Practice, 8(15), 55–64. www.iiste.org
Copyright (c) 2022 Harya Bima DIrgantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.