Pengembangan Game Edukasi Geografi Archipelaquiz Berbasis Android

  • Harya Bima DIrgantara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Keywords: game edukasi, game development life cycle, indonesia, pulau terluar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game yang bertujuan mengedukasi pemain mengenai pulau terluar di Indonesia, agar pemain mengetahui bahwa pulau terluar di Indonesia adalah sebuah potensi sebagai destinasi yang jarang sekali diketaui banyak orang. Pulau terluar tersebut anara lain: Pulau Rote, Pulau Miangas, Pulau Natuna, Pulau Nunukan, dan Pulau Weh. Metode yang digunakan dalam pembuatan game Archipelaquiz ini adalah Game Development Life Cycle. Dalam metode Game Development Life Cycle terdapat beberapa tahapan antara lain: Inisiasi, Pra-produksi, Produksi, Testing, Beta, dan Rilis. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi mengenai pulau terluar Indonesia yang bernama Archipelaquiz. Pengembangan game ini menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Unity Engine. Dalam game ini, terdapat lima tampilan yang akan dilihat pemain, antara lain: Main Menu, Peta Indonesia, Pop up Informasi pulau, kuis, dan Hasil akhir kuis. Game ini dapat diinstal pada smartphone dengan minimum sistem operasi Android Lolipop.

References

Alihar, F. (2018). Kebijakan Pengelolaan Pulau-Pulau Terluar/ Policies on The Management of The Outer Islands According. Jurnal Kebijakan Sosek KP, 39–51.

Azzulfa, M. A. (2021). Refleksi Wawasan Nusantara Masyarakat Indonesia terkait Urgensitas dalam Menjaga Pulau-pulau Terluar. 1–7.

Dirgantara, H. B., Prabowo, Y. D., & Jermia, M. M. (2019). Development of android-based quiz video game: Mathventure. Proceedings - International Joint Conference on Information, Media, and Engineering, IJCIME 2019, 450–454. https://doi.org/10.1109/IJCIME49369.2019.00097

Dirgantara, H. B., & Septanto, H. (2021). A Prototype of Web-based Picture Cards Matching Video Game for Memory Improvement Training. IJNMT (International Journal of New Media Technology), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31937/ijnmt.v8i1.1730

Fitriani, I. N., Juhadi, & Arifien, M. (2018). Fenomena Pulau-Pulau Kecil Terluar dan Wilayah Administratif Indonesia (Buku Suplemen Nonteks Untuk Pembelajaran Ips di SMP). Edu Geography, 6(1), 24–32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/23589

Hssina, B., Erritali, M., Bouikhalene, B., & Merbouha, A. (2014). Edugame an Android game for teaching children. International Journal of Innovation and Applied Studies, 9(4), 1531–1540.
Kadar, A. (2015). Pengelolaan Kemaritiman Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Keamanan Nasional, 1(3), 427–442. https://doi.org/10.31599/jkn.v1i3.33

Rafiqin, A., & Saputra, D. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 71–84.

Ramadan, R., & Widyani, Y. (2013). Game development life cycle guidelines. 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2013, June, 95–100. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2013.6761558

Randiani, R. E., & Dirgantara, H. B. (2020). Pembangunan Gim Edukasi Peraturan Lalu Lintas Kawasan Ganjil Genap di Jakarta Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 11(1), 36. https://doi.org/10.24002/jbi.v11i1.2943

Su, C. H., & Kai-Chong Hsaio. (2015). Developing and evaluating gamifying learning system by using flow-based model. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(6), 1283–1306. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1386a

Vitianingsih, A. V. (2016). Jurnal llmiah Bidang Teknologi lnformasi dan. Jurnal INFORM Vol. 1, No. 1, (2016) ISSN: 2502-3470, July 2016. https://www.researchgate.net/publication/328495779_Game_Edukasi_Sebagai_Media_Pembelajaran_Pendidikan_Anak_Usia_Dini

Zirawaga, V., Olusanya, A., & Maduki, T. (2017). Gaming in education: Using games a support tool to teach History. Journal of Education and Practice, 8(15), 55–64. www.iiste.org
Published
2022-11-29
How to Cite
DIrgantara, H. B. (2022). Pengembangan Game Edukasi Geografi Archipelaquiz Berbasis Android. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 5(2), 77-84. https://doi.org/10.37729/intek.v5i2.1869
Section
Articles