Sistem Simulasi Pergerakan Shalat dan Bahasa Isyarat Untuk Anak Tuna Rungu Menggunakan Metode Role Play Berbasis Android
Abstract
Dalam pendidikan orang berkebutuhan khusus, penting untuk menyediakan metode pembelajaran yang efektif dan interaktif. Salah satu aspek penting dalam konteks agama Islam adalah pemahaman dan pelaksanaan gerakan shalat yang benar. Namun, orang berkebutuhan khusus sering menghadapi kesulitan dalam mempelajari gerakan-gerakan shalat dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk mengatasi hambatan tersebut, dikembangkanlah Sistem Simulasi Pergerakan Shalat Serta Bahasa Isyarat Untuk Anak Tuna Runggu Menggunakan Metode Role Play Berbasis Android. Metode Role Play digunakan dalam sistem ini untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih realistis dan terlibat. Pengguna dapat memilih peran yang mereka inginkan, seperti imam atau makmum, dan sistem akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang gerakan yang harus dilakukan. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan Bahasa Isyarat yang membantu pengguna dalam mempelajari komunikasi non-verbal yang penting dalam konteks agama terutama dalam hal bacaan latin shalat. Sistem ini dikembangkan dengan memanfaatkan platform Android yang populer dan mudah diakses oleh pengguna. Aplikasi ini dirancang agar mudah digunakan pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet, sehingga pengguna dapat mempelajari gerakan shalat dan bahasa isyarat dengan fleksibilitas. Hasil dari implementasi sistem android pada SLB Aneuk Nangroe mendapat persentase peningkatan menjadi 71% yang awalnya hanya 29,9% dan persentase tersebut saat sistem belum digunakan. Dengan adanya Sistem Simulasi Pergerakan Shalat Serta Bahasa Isyarat Untuk Anak Tuna Runggu Menggunaka Metode Role Play Berbasis Android sangat efektif untuk pembelajaran gerakan shalat dan bahasa isyarat bagi anak tuna runggu menjadi lebih efektif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan individu.
Kata Kunci : Sistem Simulasi, Role Play, Android, Shalat, Tuna Runggu
References
Abdul Kadir. (2018). Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi. Sistem Informasi, 1(September), 60–69. Https://Doi.Org/10.31933/JEMSI
Ahmad, F. A. (2020). Pengembangan Aplikasi Translator Bahasa Indonesia Ke Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (Sibi) Sebagai Media Komunikasi Anak Tunarungu Di Slb Negeri 1 Gowa. 1–9.
Akmaliyah, M. (2016). Simulasi Sistem Perencanaan Dan Pengendalian. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Amanah, N., & Hidayat, F. (2020). Sistem Informasi Kepangkatan Dosen Di Universitas Batam Berbasis Android Studio. Zona Komputer, 10(3), 63–74.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil, 9(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V9i1.12905
Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.
Aulia, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 347–357.
Azizi, B., & Manaor Hara Pardede, A. (2022). Simulasi Antrian Pelayanan Masyarakat Dengan Metode Gamma Studi Kasus Dinas Sosial Kota Binjai. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 6(2), 485–494.
Bernadhed, B., Affandi, Y., Nuryanto, N. S., Mahendra, E., & Setiawan, S. E. (2019). Implementasi Metode Pose To Pose Dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku‟ Shalat. Respati, 14(1), 12–16. Https://Doi.Org/10.35842/Jtir.V14i1.265
Branchais, S., & Rasid Achmadi, H. (2019). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas Xi Sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 508–511.
Buchari, M., Sentinowo, S., & Lantang, O. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan. E-Journal Teknik Informatika, 6(1), 1–6.
Destiana, H., Rosid, A., Studi, P., Informatika, M., Studi, P., & Informasi, S. (2015). Pembelajaran Bacaan Sholat Lima Waktu Berbasis Animasi. XVII(2), 59–68.
Devi Silvia Panjaitan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika Berbasis Multimedia. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(1), 11–15. Https://Doi.Org/10.53842/Juki.V2i1.24
Effendy, Siregar, Fitri, D. (2022). Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem) Erwan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Egy Muhammad Rianof, Bambang P. Adhi, & Z.E. Ferdi F. Putra. (2020). Pengembangan Aplikasi M-Commerce Pada Toko Optik Menggunakan Android Studio. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 4(2), 15–18. Https://Doi.Org/10.21009/Pinter.4.2.3
Fachrurrazi, S., & Afwadi, S. (2010). Permainan Peran (Role Play) Untuk Pembelajaran Shalat. TECHSI: Jurnal Penelitian Teknik Informatika.
Fadlisyah, F., Safwandi, S., & Altharizka, M. A. (2020). Sistem Pengenalan Ayat Al Qur‟an Pada Surah Al Qari‟ah Menggunakan Metode Hidden Markov Model (HMM). TECHSI - Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 96. Https://Doi.Org/10.29103/Techsi.V12i1.2151
Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77–80.
Joni. (2018). Tk Al-Latif Kecamatan Kabupaten Kampar. 1(1), 39–54.
Julianti, M. R., Dzulhaq, M. I., & Subroto, A. (2019). Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada PT Astari Niagara Internasional. 9(2).
Karim, A., & Nashr, M. (2013). Nazharat Fi Ma‟Anish Shalah. 2(30), 1–17.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V1i1.Pp1-12
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. Https://Doi.Org/10.21009/Jpi.041.14
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). Https://Doi.Org/10.37676/Jmi.V14i1.467
Maulida, D. K. (2017). Bahasa Isyarat Indonesia Di Komunitas Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1–2.
Mulyadi, M., Zuhriansyah, T. F., & Husaini, H. (2019). Sistem Informasi Lokasi Kos-Kosan Di Kota Lhokseumawe Berbasis Android. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 3(1), 19–29. Https://Doi.Org/10.29103/Sisfo.V3i1.6301
Mulyono, K., & Al Fatta, H. (2012). Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 13(2), 27.
Muslihudin, M., & Helmiyanto. (2020). Aplikasi Pembayaran Spp Berbasis Android Di Madrasah Aliyah Walisongo Lampung Tengah. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data (SIMADA), 03(01), 68–79.
Muthmainnah, Safwandi, & Diana. (2019). Sistem Pendeteksi Terjemahan Kitab Bidayatul Mubtadi Wa„ Umdatul Auladi Menggunakan Metode Minkowski Distance. Techsi, 11(1), 84–91.
Purwanto, A., & Hanief, S. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk. Jurnal Semmasteknomedia Online, 4, 6–7.
Putra, G. L. A. K. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 259–265.
Rochman, D., & Rahmadi, H. (2017). Perancangan Aplikasi Gerakan Shalat Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.
Saurina, N. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 2(2), 128–134.
Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu Murni Winarsih. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 103–113.
Copyright (c) 2023 Shahlan shahlan, Safwandi, Zara Yunizar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.