Analisis kemampuan koneksi matematika dalam mengerjakan soal cerita

  • Andi Atmaja Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • M. Shaefur Rokhman Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Wikan Budi Utami Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
Keywords: Mathematical connection, Ability, A matter of the story

Abstract

The purpose of this article is to describe the mathematical connection ability of students in working on stories on statistics material. This article uses a qualitative approach. The data collection was obtained from the method of documentation, tests, and interview. There are 2 students of class VIII semester II as subjects in this article. The analysis was obtained from the test results of students which consisted of 5 description questions and the results of interviews on 6 indicators of mathematical connection ability. The results of the study obtained that the two students were less capable of applying mathematics in other fields of study or everyday life and the relationships between mathematical topics and between mathematics topics and topics outside mathematics. So it can be concluded that the two students have a poor mathematical connection ability in solving story problems on statistics material.

References

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Anandita, Gustine Primadya. 2015. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Astridayani, Amelinda. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 31 Semarang Pada Materi Perbandingan. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Dewi, Nuriana Rachmani. 2013. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web. (Semarang: Prosiding SNMPM, Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret).
Hadin. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa MTs Ditinjau dari Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol.1. No.4.
Kartikasari, R. Dan Masduki, S. S. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Linto, R. L., Sri, E., dan Yusmet, R. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 83-87.
Nihla. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Representations, Oral Language, And Engagement in Mathematics (Rolem) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan.
Rahma Felasiva, Ratu. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran React Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan.
Satriawati, Gusni dan Lia Kurniawati. 2008. Menggunakan Fungsi-Fungsi Untuk Membuat Koneksi-Koneksi Matematika. Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 3.
Siagian, M.D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal Of Mathematics Education and Science), Vol.2. No1.
Sugiman. 2008. Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, Vol. 4, No. 1.
Suhendra. 2007. Materi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Umam, Khitibul. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Materi Kubus Dan Balok Berdasarkan Level Kognitif Siswa Kelas VIII H SMPN 2 Gondang Tulungagung. Skripsi tidak dipublikasikan.
Ummi, Khasanah. 2015 Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widarti, A. 2013. Kemampuan Koneksi Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (003), 2.
Zanthy, Luvy Sylviana. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education,Vol. 01, No. 02, Februari, hal. 61-67.
Published
2020-10-27
How to Cite
Atmaja, A., Rokhman , M. S., & Utami , W. B. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematika dalam mengerjakan soal cerita . Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 77-91. https://doi.org/10.37729/jipm.v2i2.1002
Section
Articles