Deskripsi tipe pertanyaan siswa berdasarkan sifatnya pada kegiatan menanya dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik

  • Sudarmanti Sudarmanti Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Supriyono Supriyono Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Mujiyem Sapti Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Abdul Rochim Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: scientific approach, ask, student question

Abstract

The purpose of this research to describe the type of student question on learning mathematics with a scientific approach. This research at the tenth-grade student of SMA Negeri 7 Purworejo in the academic year of 2019/2020. The design of the study used descriptive quantitative. This research uses purposive sampling. The research took 36 students of X MIA 6. The researchers analyzed the data by using observation, video records, and field notes. The result of the study show that the type of question many student convey a remember information, concept understanding and concept applying in learning material

References

Azhari & Wildan. 2017. Analisis Ragam Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Master Bahasa. Vol. 5, No.1, hlm. 63-74.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Faizah, D., Utomo, P. & Arifin, M. 2017. Analisis Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol. 2, No.2, hlm. 253-260.
Gunawan, I. & Palupi, A., R. 2018. Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. IKIP PGRI Madiun : Jawa Timur
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nuraini, F. 2017. Profil Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, tidak di terbitkan. Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Nyoman, I Tri Bayu Tanaraya, Suciati & Maridi. 2017. Profil Kualitas dan Kuantitas Pertanyaan Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Madiun. Prosiding Seminar Nasional. Diakses pada tanggal 4 September 2020.
Kemendikbud. 2003. Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Rusmayanti, A., Muti'ah, A. & Husniah, F. 2017. Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran BahasaIndonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Lingua Franca. Vol. 2, No.2, 510-518
Susanti, O. Y. 2017. Penelitian Tindakan Kelas: Upaya Meningkatkan Kemampuan Menanya Siswa melalui Literasi Informasi Mata Pelajaran IPS. Jurnal Hermeneutika, hlm 27-34.
Widodo, A. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No.2, 139-148.
Published
2020-10-27
How to Cite
Sudarmanti, S., Supriyono, S., Sapti, M., & Rochim, A. (2020). Deskripsi tipe pertanyaan siswa berdasarkan sifatnya pada kegiatan menanya dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 114-120. https://doi.org/10.37729/jipm.v2i2.1010
Section
Articles