Implementasi Laboratorium Maya Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

  • Arviani Nur Wahidah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Implementasi, Laboratorium, Maya, Psikomotorik, Berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2022/2023 setelah melalui pembelajaran praktikum dengan bantuan laboratorium maya rumah belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan 75% peserta didik tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan laboratorium maya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan psikomotorik peserta didik pada siklus I sebesar 47% mengalami peningkatan menjadi 82% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 79. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 65% yang kemudian mengalami peningkatan menjadi 79% pada siklus II. Dengan demikian implementasi laboratorium maya rumah belajar dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-21
How to Cite
Wahidah, A. N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2023). Implementasi Laboratorium Maya Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 54-61. https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3421
Section
Articles