https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/issue/feed Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) 2024-03-29T16:53:04+07:00 Umi Pratiwi jips@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Title :<strong>JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains</strong><br>Abbreviation :jips<br>DOI Prefix :10.37729/jips<br>ISSN :<a href="http://u.lipi.go.id/1604573476" target="_blank" rel="noopener">2747-1543</a>(p), <a href="http://u.lipi.go.id/1604572511" target="_blank" rel="noopener">2747-1551</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (May and November)<br>Editor in Chief :Dr. R.Wakhid Akhdinirwanto, M.Si.<br>Managing Editor :Dr. Arif Maftukhin, M.Pd.<br>Indexing :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/abstracting" target="_blank" rel="noopener">Click&nbsp;here</a><br>Focus &amp; Scope :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/scopes" target="_blank" rel="noopener">Click here</a></pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3421 Implementasi Laboratorium Maya Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik 2024-03-29T16:53:04+07:00 Arviani Nur Wahidah arviani.nur20@gmail.com Ashari Ashari ashari.ump@gmail.com Eko Setyadi Kurniawan ekosetyadik@gmail.com <p><em>P</em><em>enelitian ini bertujuan untuk mengetahui </em><em>kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 1 </em><em>S</em><em>MA Negeri 4 Purworejo </em><em>tahun</em> <em>pelajaran</em> <em>2022/202</em><em>3 </em><em>setelah melalui pembelajaran </em><em>praktikum dengan bantuan laboratorium maya rumah belajar</em><em>.</em> <em>Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 3</em><em>6</em> <em>peserta didik</em><em>. Teknik analisis data</em> <em>yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan </em><em>7</em><em>5% </em><em>peserta didik </em><em>tuntas secara klasikal</em><em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan laboratorium maya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan psikomotorik peserta didik pada siklus I sebesar 47% mengalami peningkatan menjadi 82% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 79. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 65% yang kemudian mengalami peningkatan menjadi 79% pada siklus II. </em><em>Dengan demikian implementasi</em><em> laboratorium maya rumah belajar </em><em>dapat meningkatkan</em><em> kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Purworejo </em><em>Tahun Pelajaran 2022/</em><em>2023.</em></p> 2023-11-21T05:04:06+07:00 Copyright (c) 2023 Arviani Nur Wahidah, Ashari Ashari, Eko Setyadi Kurniawan https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3367 Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi 2024-03-29T16:52:52+07:00 Diska Hunafa Putri diskahunafa1@gmail.com Ogi Danika Pranata ogidanika@gmail.com <p><em>Studi ini bertujuan untuk </em><em>mengeksplor</em><em> dan menganalisis tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran IPA atau sains (Fisika, Kimia, dan Biologi) pada tingkat SMA. Kejenuhan belajar merupakan salah satu kondisi yang perlu dikaji dan dianalisis pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Kajian mengenai kejenuhan ini didasari oleh tiga aspek, yaitu kekelahan emosi, kelelahan kogntif, dan kehilangan motivasi. Studi dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas siswa. Sampel yang digunakan dalam studi sebanyak 3 kelas, yaitu sebanyak 75 siswa. </em><em>Metode</em><em> kuantitatif deskriptif</em><em> dan korelasional</em><em> diterapkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data kejenuhan siswa. Kuesioner terdiri dari 25 pernyataan dengan lima pilihan respon, yaitu Sangat Setuju, Setuju, Biasa Saja, Kurang Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Kuesioner terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama kuesioner terdiri dari 10 pernyataan untuk menelusuri kondisi pembelajaran sains secara umum. Bagian kedua terdiri dari 15 pernyataan untuk menelusuri tingkat kejenuhan siswa dalam </em><em>pembelajaran</em><em> sains. Berdasarkan hasil analisis data</em><em> secara deskriptif</em><em> dapat disimpulkan bahwa tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran sains berada pada kategori sedang (2.91). Kelelahan kognitif berkontribusi paling besar terhadap kejenuhan siswa dalam pembelajaran sains (3.09). Dua aspek lainnya ditemukan dengan skor yang hampir sama, yaitu kelihangan motivasi (2.83) dan kelelahan emosi (2.82). Selanjutnya berdasarkan analisis korelasi aspek kejenuhan secara internal dapat disimpulkan hubungan antar aspek. Hubungan yang signifikan hanya ditemukan antara kelelahan emosi dan kehilangan motivasi (r=0.376 dan ρ=0.001</em>).</p> 2023-11-21T06:31:27+07:00 Copyright (c) 2023 Diska Hunafa Putri, Ogi Danika Pranata https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3568 Pengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik 2024-03-29T16:52:39+07:00 Laila Fauzizah lailafauzizah046@gmail.com Sriyono Sriyono sriyono@umpwr.ac.id Eko Setyadi Kurniawan ekosetyadi@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan <em>e-booklet</em> interaktif berbasis <em>project based learning</em> (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (<em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em>, dan <em>Evaluation</em>). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 4 Purworejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket keterampilan komunikasi sains, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Hasil penelitian diperoleh hasil validasi <em>e-booklet</em> interaktif dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru Fisika mendapatkan skor Aiken V secara keseluruhan sebesar 0.99 termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Respon peserta didik terhadap <em>e-booklet</em> interaktif pada tahap penerapan diperoleh persentase 89% dengan kategori praktis. Peningkatan keterampilan komunikasi sains peserta didik dengan uji <em>paired sample t-test</em> diperoleh&nbsp; hasil 0.000 &lt; 0.05, yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan setelah menggunakan <em>e-booklet</em> interaktif berbasis PjBL. Dengan demikian, <em>e-booklet</em> interaktif yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik.</p> 2023-11-22T06:31:05+07:00 Copyright (c) 2023 Laila Fauzizah, Sriyono Sriyono, Eko Setyadi Kurniawan https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3529 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Tata Surya untuk Siswa SMP 2024-03-29T16:52:11+07:00 St Sholeha 190641100016@student.trunojoyo.ac.id Aida Fikriyah aida.fikriyah@trunojoyo.ac.id Mochammad Ahied ahied@trunojoyo.ac.id Wiwin Puspita Hadi wiwin.puspitahadi@trunojoyo.ac.id Yamin Yamin yamin@trunojoyo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan serta respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada materi tata surya. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII pada uji coba kelompok besar menggunakan sebanyak 32 siswa, kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba perorangan sebanyak 2 siswa di SMP Negeri 3 Kamal tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation</em>). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian kelayakan aspek materi sebesar 90,63% dengan kategori sangat valid dan kelayakan aspek media sebesar 86,88% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada uji coba perorangan sebesar 68% dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil sebesar 71% dengan kategori baik dan uji coba kelompok besar sebesar 66% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi pada materi tata surya dinyatakan layak untuk digunakan.</p> 2023-11-22T15:21:00+07:00 Copyright (c) 2023 St Sholeha, Aida Fikriyah, Mochammad Ahied, Wiwin Puspita Hadi, Yamin Yamin https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3666 Efektivitas E-Modul Cooperative Learning Berbantuan Sigil Software Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains 2024-03-29T16:51:55+07:00 Deky Wahyudi dq.elfaruk@gmail.com Yusro Al Hakim kim_yus2003@yahoo.com Raden Wakhid Akhdinirwanto kim_yus2003@yahoo.com <p>Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya keterampilan proses sains peserta didik adalah pemilihan media pembelajaran oleh pendidik. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik yaitu dengan menggunakan <em>e-</em>modul <em>Cooperative Learning </em>berbantuan <em>Sigil software. </em>Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kelayakan <em>e-</em>modul <em>Cooperative Learning </em>berbantuan <em>Sigil software </em>untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu <em>Define, Design, Development </em>dan <em>Dissemination</em>. Subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik pada uji coba terbatas dan 36 peserta didik pada uji coba luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan proses sains. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji <em>N-gain</em>. Berdasarkan penelitian diperoleh: (1) validitas media mendapatkan nilai rerata 3,4 dengan kategori “baik”. Sehingga dapat dikatakan valid. (2) kepraktisan media ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan <em>percentage agreement </em>sebesar 99% yang termasuk dalam kategori “realiabel” dan angket respon peserta didik (uji coba luas) dengan persentase sebesar 83,43% dalam kategori “baik, dan (3) keefektifan media dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik yang memperoleh nilai <em>Normalized gain </em>sebesar 0,80 yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian maka <em>e-</em>modul <em>Cooperative Learning </em>berbantuan <em>Sigil Software</em> dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.</p> 2023-11-30T15:04:02+07:00 Copyright (c) 2023 Deky Wahyudi, Yusro Al Hakim, Raden Wakhid Akhdinirwanto