https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/issue/feed Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) 2024-12-13T07:53:00+07:00 Umi Pratiwi jips@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Title :<strong>JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains</strong><br>Abbreviation :jips<br>DOI Prefix :10.37729/jips<br>ISSN :<a href="http://u.lipi.go.id/1604573476" target="_blank" rel="noopener">2747-1543</a>(p), <a href="http://u.lipi.go.id/1604572511" target="_blank" rel="noopener">2747-1551</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (May and November)<br>Editor in Chief :Dr. R.Wakhid Akhdinirwanto, M.Si.<br>Managing Editor :Dr. Arif Maftukhin, M.Pd.<br>Indexing :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/abstracting" target="_blank" rel="noopener">Click&nbsp;here</a><br>Focus &amp; Scope :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/scopes" target="_blank" rel="noopener">Click here</a></pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/3400 Penerapan Model Project Base Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Rigt Level Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Tata Surya 2024-11-30T17:27:11+07:00 Nining Tin Wahyuni wasila.mathedu@unipma.ac.id Wasilatul Murtafiah wasila.mathedu@unipma.ac.id Heny Rahma wasila.mathedu@unipma.ac.id <p>Penerapan model <em>Project Base Learning</em> untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan materi tata surya dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas peserta didik dengan menggunkan model <em>Project Base Learning</em> dengan pendekatan berdiferensiasi berupa gaya belajar. Metode penelitian ini menggunkan penelitian tindakan kelas berupa perencanaa, pelaksanaan, dan refleksi. Penelitian Tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus pembelajaran dengan subjek penelitian VII SMPN A Ngawi. Teknik pengumpulan data melalui cek list indikator kreativitas dari proyek yang telah dikerjakan. Hasil yang diperoleh selama siklus yaitu pada siklus 1 yang menunjukkan terdapat 65,4 dengan rincian 3 orang sangat kurang kreatif dan 12 anak dikategorikan kurang kreatif dan 17 orang dengan kategori kreatif. Untuk siklus 1I kreativitas peserta didik memilki rata-rata sebesar 86,7 yang dikatekorikan kreatif dengan rincian 4 orang dengan kategori kurang kreatif dan 28 orang dengan kategori kreatif.</p> 2024-11-30T17:23:43+07:00 Copyright (c) 2024 Nining Tin Wahyuni, Wasilatul Murtafiah, Heny Rahma https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/4932 Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII MTs 2024-12-02T18:20:47+07:00 Seila Rohmaniah Washul a420200081@student.ums.ac.id Annur Indra Kusumadani a42020081@student.ums.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dan penerapan pembelajaran yang belum maksimal. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran <em>Giving Question and Getting Answer </em>terhadap pengingkatan kemampuan pemahaman siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode <em>quasi </em>eksperimen tipe <em>nonequivalent pretest post-test control group design</em>. Ssubjek penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas&nbsp; VIII A2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel dipilih teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui hasil <em>pretest </em>dan <em>post-test</em> yang dianalisis secara deskriptif dan infersial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji non-parametrik <em>Mann Whitney U</em>. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata hasil <em>pretest</em> pada kelas eksperimen yaitu 53,3 dan pada kelas kontrol yaitu 47,9, sementara rata-rata hasil <em>post-</em>test kelas eksperimen yaitu 81,1 dan pada kelas kontrol yaitu 57,5. Hasil uji analisis <em>Man Whitney U. </em>hasil belajar siswa didapatkan nilai <em>Asymp.Sig (2-tailed)</em> sebesar 0,00 lebih kecil 0,05. Dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan stategi pembelajaran <em>Giving Question and Getting Answer</em> pada sub materi sistem pernapasan berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.</p> 2024-12-02T18:04:21+07:00 Copyright (c) 2024 Seila Rohmaniah Washul, Annur Indra Kusumadani https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/4318 Efektivitas Bahan Ajar Blended Learning Berbasis Multipel Representasi Untuk Meningkatkan Self Regulation Mahasiswa pada Materi Larutan Elektrolit Non-Elektrolit dan Sifat Koligatif Larutan 2024-12-10T10:25:31+07:00 Rinda Angghita Putri rinda.aputri@gmail.com <p>Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar yang valid dan layak untuk meningkatkan <em>self regulation </em>&nbsp;mahasiswa, (2) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dihasilkan dalam meningkatkan <em>self regulation</em> mahasiswa. Rancangan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Lee &amp; Owens. Hasil pengembangan adalah bahan ajar <em>blended learning</em> pada materi larutan elektrolit non-elektrolit dan sifat koligatif larutan, pada mata kuliah Kimia Dasar II yang disajikan secara <em>online</em> pada laman Sipejar serta bahan ajar<em> offline</em> berupa Lembar Kerja Mahasiswa. Hasil uji validitas dan kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan valid dan layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran dengan tingkat kelayakan dari ahli dan dari mahasiswa sebesar 79 persen. Berdasarkan hasil uji efektivitas yang telah dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, dinyatakan bahwa hasil pengembangan efektif diaplikasikan pada pokok bahasan larutan elektrolit non-elektrolit dan sifat koligatif larutan. Peningkatan <em>self regulation</em> mahasiswa ditunjukkan dengan skor <em>n-gain </em>terhadap hasil angket <em>Self Regulated Learning</em> sebelum dan sesudah pembelajaran. skor <em>n-gain </em>tertinggi diperoleh yaitu sebesar 0,852 dan skor <em>n-gain </em>terendah diperoleh sebesar 0,027. Sehingga dapat diketahui bahwa 4 mahasiswa mengalami peningkatan <em>self regulation</em> yang tinggi, 13 mahasiswa mengalami peningkatan <em>self regulation</em> sedang dan 15 mahasiswa mengalami peningkatan SRL rendah.</p> 2024-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rinda Angghita Putri https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/5632 Pengembangan E-Book Interaktif Berbantuan Heyzine Pada Materi Perubahan Iklim Untuk Meningkatkan Sustainability Literacy Bagi Siswa SMP 2024-12-13T07:53:00+07:00 Nada Inassa Bhira nadainassa@gmail.com Wayan Suana wsuane@gmail.com Daniel Rinaldi daniel.rinaldi@fkip.unila.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar elektronik interaktif menggunakan Heyzine pada materi perubahan iklim untuk meningkatkan literasi keberlanjutan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan jenis design and development research (DDR) dari Richey dan Klein melalui empat tahapan utama, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan eval__uasi. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VII SMP Kartikama Metro serta para ahli di bidang teknologi pembelajaran, pembelajaran IPA, dan guru mata pelajaran IPA. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi dua jenis angket, yaitu angket respon siswa untuk uji pra-pemakaian dan angket uji validasi oleh para ahli. Hasil validasi e-book berbasis Heyzine interaktif tentang materi perubahan iklim menunjukkan bahwa buku ajar ini telah memenuhi kriteria validitas, dengan skor keseluruhan 3,46 yang masuk dalam kategori valid. Selain itu, hasil uji pra-penggunaan oleh siswa menunjukkan skor sebesar 91 persen, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan hasil ini, buku ajar ini dapat dilakukan pengujian lanjutan, yaitu melalui uji coba pemakaian di kelas untuk mengukur keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi keberlanjutan.</p> 2024-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Wayan Suana, Nada Inassa Bhira, Daniel Rinaldi https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/5664 Perancangan Panduan Praktikum Larutan Berorientasi Pada Kemampuan Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA 2024-12-11T15:23:34+07:00 Vindhy Dian Indah Pratika vindkipin12@gmail.com Faudina Permatasari vindhydian_science@ubhi.ac.id <p>Praktikum pada umumnya dirancang secara khusus agar mahasiswa dapat melakukan eksperimen, kemampuan memecahkan masalah dengan pendekatan ilmiah. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan praktikum pada mata kuliah larutan yang berorientasi pada literasi sains mahasiswa pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI dan melihat kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan panduan praktikum tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) yang diawali dengan studi pendahuluan dan sampai tahap uji terbatas untuk melihat kepraktisan sehingga menghasilkan produk panduan praktikum yang berorientasi pada kemampuan literasi sains. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas materi dan media untuk melihat kelayakannya, serta angket yang diberikan pada mahasiswa untuk melihat kepraktisan panduan praktikum. Didapatkan hasil uji validitas materi dengan presentase 91 persen yang menyakan sangat layak, validitas media menunjukkan presentase 88 persen dan menyakan sangat layak, serta uji kepraktisan media menjukkan presentase 82,67 persen yang merupakan kriteria sangat layak. Secara keseluruhan hasil pengembangan panduan praktikum ini dinyatakan sangat layak untuk tahap awal pengembangan panduan.</p> 2024-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Vindhy Dian Indah Pratika, Faudina Permatasari