https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/issue/feedJurnal Ilmu Pendidikan dan Vokasi2024-08-14T23:29:27+07:00Suyitnojtpv-pto@umpwr.ac.idOpen Journal Systems<pre>Abbreviation :jipv<br>DOI Prefix :10.37729/jipv<br>ISSN :XXXX-XXXX(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :February, May, September, and December<br>Editor in Chief :Dwi Jatmoko, M.Pd.<br>Managing Editor :Dr. Suyitno, M.Pd.<br>Indexing :Click here<br>Focus & Scope :Click here</pre>https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/5444Pengaruh Media Praktikum dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Body Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan2024-08-08T17:19:20+07:00Ahmad Muzayyinahmadmuzayyin50@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh media praktikum terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen, 2) mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen dan 3) mengetahui pengaruh media praktikum dan berpikir kritis terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen. Variabel dalam penelitian ini yaitu media praktikum, berpikir kritis dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik proportional stratified random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen dengan jumlah 81 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner media praktikum, berpikir kritis dan hasil belajar. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji signifikan parameter individual (uji statistik t), uji signifikansi simultan (uji statistik F), dan koefisien determinasi (R2). Terdapat pengaruh 1) media praktikum terhadap hasil belajar menunjukan nilai sebesar 22,3%. Terdapat pengaruh 2) berpikir kritis terhadap hasil belajar menunjukan nilai sebesar 20,3%. Terdapat pengaruh 3) media praktikum dan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan hasil uji menunjukan nilai 27,6% secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Jadi semakin banyak penggunaan media praktikum dan semakin tinggi berpikir kritis siswa semakin tinggi pula hasil belajarnya demikian juga sebaliknya semakin sedikit penggunaan media praktikum dan semakin rendah berpikir kritis siswa maka semakin rendah pula hasil belajarnya.</p>2024-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Ahmad Muzayyinhttps://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/5454Pengaruh Program Training Industri Terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas X TKR di SMK Muhammadiyah Mungkid2024-08-10T20:22:02+07:00Arif Nur Miftochul Fauziarifketib@gmail.comSuyitno Suyitnoyitno@umpwr.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan program training siswa kelas X TKR di SMK Muhammadiyah Mungkid (2) Mengetahui tingkat kesiapan praktik kerja industri (3) Mengetahui pengaruh program training industri dalam meningkatkan kesiapan praktik kerja industri siswa. Penelitian ini mengukur pengaruh training industri terhadap kesiapan praktik kerja industri yang bersubjek 20 siswa kelas industri di SMK Muhammadiyah Mungkid. Peneliti menggunakan metode <em>expo de facto</em> yaitu peneliti hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada responden. Dengan model korelasional dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk angket. Analisis data diolah dengan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan program training industri dapat meningkatkan kesiapan praktik kerja industri. Adapun hasil penelitian bahwa program training industri yang sudah diterapkan di SMK Muhammadiyah Mungkid dengan nilai kategori tinggi sebesar 50%. Kesiapan praktik kerja industri siswa Kelas X TKR SMK Muhammadiyah Mungkid memiliki kesiapan yang termasuk kategori tinggi, yaitu 40%. Hasil analisis menunjukan bahwa pengharuh training industri terhadap kesiapan siswa menghadapi praktik kerja industri diperoleh data t_hitung sebesar 9,562 lebih besar dari t_tabel pada df=19 dengann taraf signifikansi 5% yaitu 1,729 atau P 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya t_hitung tersebut signifikan pada taraf signifikansi 5%. Maka variabel kemampuan praktik berpengaruh pada kesiapan prakerin siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Mungkid tahun ajaran 2022/2023.</p>2024-08-10T17:43:38+07:00Copyright (c) 2024 Arif Nur Miftochul Fauzi, Suyitno Suyitnohttps://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/5457Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X TKR SMK Negeri 4 Purworejo2024-08-11T17:05:37+07:00Fandiaji Abdilah Akhmadfandiaji40@gmail.comWidiyatmoko Widiyatmokowidiyatmoko@umpwr.ac.idAshari Ashariashari.ump@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tentang penerapan model pembelajaran <em>Team Games Tournament</em> (TGT) peserta didik kelas X TKR pada mata diklat Dasar Program Otomotif di SMK Negeri 4 Purworejo 2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan pembelajaran <em>Team Games Tournament.</em> Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang diselesaikan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR A SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu Dasar Program Otomotif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) pembelajaran <em>Team Games Tournament </em>(TGT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang melibatkan kerja sama tim/kelompok dengan mengutamakan penggunaan turnamen antar tim menggunakan permainan-permainan akademik dengan anggota 4-6 peserta didik untuk menyumbangkan poin atau skor bagi timnya 2) minat belajar peserta didik meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata observasi proses belajar dari pra siklus dengan persentase 50%, naik menjadi 65% pada siklus I dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 85%. Hasil angket minat belajar peserta didik juga mengalami peningkatan hal ini terbukti pada rata-rata minat belajar peserta didik pra siklus yaitu 69,72 dimana peserta didik yang tuntas adalah 19 peserta didik dengan persentase 52,77%. Pada siklus I diperoleh minat yang meningkat dengan rata-rata 77,38 dimana peserta didik yang tuntas adalah 24 peserta didik dengan persentase 66,66%. Pada siklus II semakin meningkat dengan rata-rata 80,76 dengan persentase ketuntasan menjadi 94,44%.</p>2024-08-11T16:54:33+07:00Copyright (c) 2024 Fandiaji Abdilah Akhmad, Widiyatmoko Widiyatmoko, Ashari Asharihttps://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/5459Analisis Tentang Pelaksanaan Magang Kependidikan Terhadap Kemampuan Pedagogi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2024-08-13T07:30:02+07:00Idris Defta Rahmaniidrisdefta.r@gmail.comDwi Jatmokodwijatmoko@umpwr.ac.id<p>Magang merupakan kegiatan prakondisi dari sistem penyiapan guru professional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan magang pendidikan terhadap kemampuan pedagogi mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 24 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, berupa angket tertutup. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi <em>product moment</em>, yaitu mengkorelasikan variabel bebas adalah pelaksanaan magang kependidikan (X), variable terikat adalah kemampuan pedagogi (Y) dan koofesien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan magang kependidikan terhadap kemampuan pedagogi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogi mahasiswa dalam kategori tinggi hal ini dikarenakan pelaksanaan magang kependidikan mahasiswa dalam kategori baik. Dari 24 mahasiswa kemampuan pedagogi mahasiswa dalam kategori tinggi ada sebanyak 12 mahasiswa atau (50%), sedangkan kategori baik pada pelaksanaan magang pendidikan sebanyak 9 mahasiswa atau (38%). Pelaksanaan magang pendidikan berpengaruh terhadap kemampuan pedagogi, hal ini dapat dilihat dari analisis korelasi <em>product moment</em> diperoleh nilai r<sub>hitung</sub> 0,877 kemudian dikonsultasikan dengan r<sub>tabel</sub> <em>product moment</em> dengan N sebesar 24, pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 sehingga r<sub>hitung</sub> > r<sub>tabel</sub> : 0,877>0,404, sementara nilai <em>sig.</em> adalah 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh atau kontribusi pelaksanaan magang dapat meningkatkan kemampuan pedagogi mahasisawa sebesar 76,84%.</p>2024-05-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Idris Defta Rahmani, Dwi Jatmokohttps://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/5463Pengaruh Sumber Media Belajar Internet Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sistem Pemindah Tenaga 2024-08-14T23:29:27+07:00Irfan Kurniawanirfankurniawanpurworejo5@gmail.comDwi Jatmokodwijatmoko@umpwr.ac.idBayu Angga Putradwijatmoko@umpwr.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui ada tidaknya pengaruh sumber belajar internet terhadap minat belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalag ex post facto yaitu penelitian yang menguji hipotesis, tetapi tidak memeberikan perlakuan-perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memebrikan perlakuan atau manipulasi. Jumalah populasi adalah siswa TKR kelas XI Muhammadiyah Purwodadi 41 orang. Penentu jumlah sampel menggunakan rumus Isaac Michael diperoleh 38 orang dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan sumber media belajar internet terhadap minat belajar siswa kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Purwodadi yang di tunjukana dengan nilai thitung > ttabel yaitu:6,464 > 1,686, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sumber media internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Purwodadi yang ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel yaitu: 1,790 > 1,686.</p>2024-08-14T23:26:43+07:00Copyright (c) 2024 Irfan Kurniawan, Dwi Jatmoko, Bayu Angga Putra