https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/issue/feed Jurnal Ilmu Pendidikan dan Vokasi 2024-02-10T08:01:37+07:00 Suyitno jtpv-pto@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Abbreviation :jipv<br>DOI Prefix :10.37729/jipv<br>ISSN :XXXX-XXXX(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :February, May, September, and December<br>Editor in Chief :Dwi Jatmoko, M.Pd.<br>Managing Editor :Dr. Suyitno, M.Pd.<br>Indexing :Click&nbsp;here<br>Focus &amp; Scope :Click here</pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/4235 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sistem Rem Hidrolik Pada Toyota Avanza untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa 2024-02-08T09:57:09+07:00 Yusuf Pandu yusufpandukristuaji@gmail.com Aci Primartadi aci@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sistem rem hidrolik, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia inetraktif sistem rem pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK&nbsp; Negeri 1 Sapuran Wonosobo , (3) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik kelas&nbsp; XI TKRO di SMK Negeri 1 Sapuran Wonosobo setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sistem rem hidrolik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RND (Research and development) Four-D Model disarankan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974), Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu <em>Define, Design, Develop, </em>dan <em>Desseminate </em>atau menjadi model 4D. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, variabel bebas dan variabel terikat, yaitu Pengembangan media pembelajaran (X1), mengetahui kelayakan media pembelajaran (X2), dan Peningkatan minat belajar siswa (Y). Data hasil belajar kelas eksperimen dapat dilihat dengan jumlah data sebanyak 20 siswa. Dengan pembelajaran menggunakan media yang telah dikembangkan mendapat hasil atau nilai rata-rata atau mean sebesar 57 pada <em>pre-test</em> dan 76,1 pada <em>post-test</em>. Dengan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sistem rem mendapat hasil yang sangat baik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.</p> 2024-02-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Yusuf Pandu, Aci Primartadi https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/4238 Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X TKR Pada Mata Pelajaran PDTO di SMK 2024-02-08T16:47:42+07:00 Yan Fajar Khamdani yanfajarkhamdani@gmail.com Suyitno Suyitno yitno@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan penerapan metode diskusi pada mata pelajaran PDTO kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo. (2) Mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PDTO kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), maka prosedur penelitian ini sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam proses berdaur/ siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan metode diskusi kelompok<em>.</em> Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X TKR SMK Institut Indonesia Kutoarjo yang berjumlah 25 siswa, adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PDTO pada pra siklus, siklus I dan II. Adapun hasil belajar siswa pada mata pembelajaran PDTO dengan diterapkannya metode pembelajaran diskusi kelompok<em>. </em>perolehan nilai siswa kelas X TKR mengalami peningkatan, ditandai dengan meningkatnya nilai persentase siswa yang lulus pada pra siklus sebesar 24% menjadi 56% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Hal ini dikarenakan siswa sudah mulai aktif berdiskusi dan mendengarkan ketika guru menyampaikan materi. Hasil di atas dapat menjawab hipotesis awal yang telah peneliti rumuskan bahwa metode pembelajaran tipe <em>Diskusi Kelompok</em> dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran yang diteliti yaitu PDTO di SMK Institut Indonesia Kutoarjo.</p> 2024-02-08T16:44:07+07:00 Copyright (c) 2024 Yan Fajar Khamdani, Suyitno Suyitno https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/4242 Uji Kelayakan Pengembangan Audio Mobil Dengan Variasi Power dan Speaker 3 Way di Markas “wkwk Audio” Purworejo 2024-02-09T17:41:29+07:00 Wahid Kusuma wahid.182170107@gmail.com Widiyatmoko Widiyatmoko widiyatmoko@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji kelayakan pada pengembangan Audio Mobil dengan menggunakan <em>system power</em> dan <em>speaker 3 way</em>, juga menjelaskan kelayakan system power dan speaker 3 way yang diperuntukkan masyarakat yang menyukai audio dalam mobil. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan subject penelitian nya menerapkan Power dan Speaker 3 way. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengumpulan data yang berupa angket. Dan analisis data menggunakan cara deskriptif atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian dari yang saya hadapi, banyak factor yang membuat penelitian menjadi mengalami beberapa kendala seperti tegangan Amper pada aki yang kurang. Namun menurut validator pertama menyatakan media valid (75%) dan dari Validator kedua juga menyatakan Valid (85,5%) dengan demikian media dinyatakan Layak.</p> 2024-02-09T10:45:27+07:00 Copyright (c) 2024 Wahid Kusuma, Widiyatmoko Widiyatmoko https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/4244 Analisis Praktik Kerja Industri dan Magang Industri Terhadap Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 2024-02-09T17:17:20+07:00 Tri Maryani 1trimaryani23456@gmail.com Dwi Jatmoko dwijatmoko@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar program praktik kerja industri berpengaruh terhadap peningkatan <em>soft</em><em> skill</em>; (2) seberapa besar magang industri berpengaruh terhadap peningkatan <em>soft</em><em> skill</em>; (3) seberapa besar praktik kerja industri dan magang industri secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan <em>softskill</em>. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Ex Post Facto</em> dan dilakukan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan jumlah sampel sebanyak 64 Mahasiswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) praktik kerja industri tidak berpengaruh terhadap peningkatan <em>softskill</em> mahasiswa, (2) magang industri berpengaruh terhadap peningkatan <em>softskill</em> mahasiswa, dengan sumbangan sebesar sebesar 12,5 %, (3) praktik kerja industri tidak berpengaruh terhadap peningkatan <em>softskill</em> mahasiswa sehingga tidak dapat dilakukan pengujian korelasi ganda.</p> 2024-02-09T17:08:19+07:00 Copyright (c) 2024 Tri Maryani, Dwi Jatmoko https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipv/article/view/4246 Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kedisiplinan Berpraktikum Siswa di Bengkel Otomotif SMK Pembaharuan Purworejo 2024-02-10T08:01:37+07:00 Wildan Anggun Wicaksono wildanwicaksono78@gmail.com Aci Primartadi aci@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana siswa menerepkan kedisiplinan dibengkel otomotif SMK Pembaharuan purworejo. 2) Mengetahui fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam berpraktikum siswa kelas XI TKR A dibengkel otomotif SMK Pembaharuan Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Data diambil dari subjek penelitian yaitu kelas XI TKR SMK Pembaharuan Purworejo. Dengan kelas A berjumlah 30 siswa dan untuk sampel penelitian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Data yang selanjutnya di analisis dan dideskripsikan bagian akhir kualitatif. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa hasil bagaimana siswa menerapkan kedisiplinan dibengkel otomotif SMK Pembaharuan Purworejo masih 5% kurang efektif. Tetapi untuk proses penelitian dan pembelajaran sudah berjalan lancar. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam berpraktikum siswa dibengkel otomotif SMK Pembaharuan Purworejo dikategorikan kurang efektif dikarenakan masih 10% terdapat kendala. Meskipun banyak kendala-kendala tetapi proses penelitian dan pembelajaran sudah berjalan dengan baik.</p> 2024-02-10T07:52:56+07:00 Copyright (c) 2024 Wildan Anggun Wicaksono, Aci Primartadi