Pengembangan Majalah Eduscience Berbasis HOTS Terintegerasi Karakter Tema Panas dan Perpindahannya Pada Kelas V SD

  • Yuli Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: HOTS, karakter, majalah eduscience, panas dan perpindahannya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan majalah eduscience
berbasis HOTS terintegrasi karakter, 2) mengetahui kelayakanmajalah eduscience
berbasis HOTS terintegrasi karakter, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap
majalah eduscience berbasis HOTS terintegrasi karakter, dan 4) mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran terhadap majalah eduscience berbasis HOTS
terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD.Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design,
Develope, and Disseminate). Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 2
Tlogorejoguwo tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 12 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
angket. Data yang diperoleh yaitu validasi majalah, angket respon peserta didik, dan
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dengan menghitung validitas
dan reabilitas menggunakan persamaan yang telah ditentukan yang kemudian hasil
persentase diubah ke dalam bentuk nilai selanjutnya dikonversi ke dalam skala
empat.Hasil penelitian pengembangan majalah eduscience ini adalah: 1) penelitian ini
menghasilkan produk berupa majalah eduscience berbasis HOTS terintegrasi karakter
tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD, 2) hasil analisis penilaian oleh dua
dosen ahli dan guru kelas V sekolah dasar diperoleh rerata skor 3,69 dengan kategori
sangat layak, 3) hasil analisis respon peserta didik diperoleh rerata persentase yaitu
90,85% dengan kategori sangat baik, dan 4) Hasil rerata keterlaksanaan pembelajaran
melalui uji reliabilitas diperoleh 97,41% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan
kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa majalah eduscience berbasis HOTS
terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD layak
digunakan sebagai sumber belajar di sekolah dasar

Published
2021-08-31
How to Cite
Wahyuningsih, Y., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Majalah Eduscience Berbasis HOTS Terintegerasi Karakter Tema Panas dan Perpindahannya Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 70-78. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1645
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4