PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP PADA MATA PELAJARAN SBDP MATERI KARYA SENI MEMBENTUK 3D DI SD NEGERI JATIREJO

  • Dika Fajar Saraswati
  • Muflikhul Khaq
  • Titi Anjarini
Keywords: SBdP; Karya seni; 3; Media pop-up

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan media pop-up pada mata pelajaran SBdP materi karya seni membentuk 3D di SD Negeri Jatirejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri Jatirejo. Penelitian ini dilakukan dengan model 4D yang terdiri dari (1) tahap Define dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, tugas maupun konsep. (2) Tahap Design dilakukan dengan mengumpulkan referensi, mengumpulkan draf, menyusun materi, dan Layout. (3) Tahap develop dilakukan dengan membuat desain produk menjadi produk dan memvalidasi produk secara berulang hingga dihasilkan produk yang valid dan diuji cobakan dengan uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. (4) Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarluaskan produk pada kelas yang diujikan. Berdasarkan hasil penelitian, media pop-up layak digunakan dalam pembelajaran materi karya seni tiga dimensi dari hasil validasi dosen ahli sebesar 3,31 termasuk kategori layak dan guru SD sebesar 3,785 dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Setelah dilakukan uji kevalidan dengan validasi selanjutnya diuji cobakan kepada peserta didik. Uji coba perorangan mendapat persentasi 96,59% dengan keterlaksanaan pembelajaran 99,4%, uji coba kelompok kecil mendapat respon 97,73% dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran 99,35% dan uji coba kelompok besar mendapat persentase respon peserta didik sebesar 96,30% dengan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,1%.

Published
2021-02-28
How to Cite
Saraswati, D. F., Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP PADA MATA PELAJARAN SBDP MATERI KARYA SENI MEMBENTUK 3D DI SD NEGERI JATIREJO. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 10-18. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2007
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>