PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SD N 2 WIRUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) keterlaksanaan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada tema organ gerak hewan dan manusia dan (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia dengan menerapkan model Project Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19 maka subjek penelitian adalah sebagian siswa kelas V SD N 2 Wirun yang berjumlah 10 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif diukur melalui tes dan observasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari dua lembar observasi yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Project Based Learning dan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif, sedangkan untuk soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksaaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siklus I memperoleh nilai 78,3% dengan kategori baik sedangkan untuk siklus II mendapat nilai 92,5% dengan kategori sangat baik. Untuk kemampuan berpikir kreatif diperoleh data pada siklus I sebesar 68 dengan kriteria kreatif sedangkan untuk siklus II mendapat nilai sebesar 81,5 dengan kriteria sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas V SD N 2 Wirun.