PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI POWERPOINT BARBASIS KARAKTER PADA MATERI BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN KELAS V SD

  • Bayu Pambudi
  • Nur Ngazizah
  • Titi Anjarini
Keywords: Aplikasi; Media pembelajaran; Powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tahapan pengembangan media, (2) kelayakan media, (3) respon peserta didik, dan (4) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi powerpoint berbasis karakter di kelas V SDN Bendosari. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D dari Thiagarajan, yaitu: define (analisis karakteristik pengguna, kurikulum, dan bahan ajar), design (merancang produk dengan alat dan bahan), develop (penilaian dan revisi), dan disseminate (uji coba pada calon pengguna). Hasil penelitian: (1) peneliaian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang menghasilkan bahan ajar berupa media pembelajaran aplikasi powerpoint berbasis karakter. (2) dihasilkan media pembelajaran aplikasi powerpoint berbasis karakter yang layak digunakan dari hasil validasi dosen ahli sebesar 3,55 dan dari guru sebesar 3,83 dengan kategori sangat layak. (3) Hasil respon peserta didik diperoleh total jumlah skor 98 dengan presentase 98% dengan kriteria sangat baik. (4) Hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 mendapatkan presentase 89,29% dengan kategori sangat baik. Pertemuan kedua pada pembelajaran 2 mendapatkan persentase 87,5% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang didapat media aplikasi powerpoint ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada materi benda tunggal dan campuran.

Published
2022-02-28
How to Cite
Pambudi, B., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI POWERPOINT BARBASIS KARAKTER PADA MATERI BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN KELAS V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 102-110. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2019
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 7 8 9 10 11 12