PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KOROWELANG TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Heru Setiawan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: model talking stick, indahnya kebersamaan, keaktifan belajar siswa.

Abstract

Penelitian untuk  mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran talking stick di kelas IV SD Negeri Korowelang, (2) peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Korowelang dengan model talking stick pada tema indahnya kebersamaan, (3) keterlaksanaan pembelajaran pada tema indahnya kebersamaan kelas IV SD Negeri Korowelang dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitiaan adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Korowelang dengan jumlah populasi 28 siswa, dan mengambil sampel berjumlah 10 siswa, dikarenakan kendala pandemi covid-19 yang tengah dihadapi saat ini. Model yang digunakan adalah model talking stick. Model pembelajaran talking stick adalah model pembelajaran dengan bantuan tongkat, siswa yang memegang tongkat diharuskan menjawab pertanyaan sesuai materi yang telah di pelajari. Indikator keaktifan belajar siswa adalah visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, motor activities, mental activities, emotional activities. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pembelajaran dengan model pembelajaran talking stick pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SD Negeri Korowelang diterapkan dengan meliputi, (a) menyiapkan sebuah tongkat yang panjannya kurang lebih 20 cm, (b) Penyampaian materi pembelajaran, (c) memberi waktu untuk mempelajari materi dan menutup buku, (d) pemberian tongkat dengan menyanyikan lagu, (e) memberi pertanyaan kepada siswa, (f) memberi kesimpulan., (2) Keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Korowelang pada tema indahnya kebersamaan menggunakan model talking stick mengalami peningkatan, pada pra siklus menunjukkan  presentase 55,8% dengan kategori kurang aktif. Pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 72,8% dengan kategori cukup aktif dengan predikat C meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dengan kategori aktif dengan predikat B. (3) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri Korowelang pada tema indahnya kebersamaan menggunakan model talking stick mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,9% dengan kategori tinggi dengan predikat B meningkat pada siklus II menjadi 82,1% dengan kategori tinggi dengan predikat B.

Published
2022-08-23
How to Cite
Setiawan, H., Anjarini, T., & Suyoto, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KOROWELANG TAHUN AJARAN 2020/2021 . Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 20-29. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2233
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>