MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DENGAN KARTU DOMINO KELAS V

  • Adelia Zagita Limbong Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: problem solving, keaktifan siswa, permainan, kartu domino

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah  penjumlahan dan pengurangan pecahan yang masih rendah  menggunakan  metode permainan dengan bantuan kartu domino. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan penyusunan tata letak kelas yang menarik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Hulosobo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan 2 siklus dalam menentukan bagaimana cara meningkatkan Problem Solving dan keaktifan siswa melalui metode permainan dengan bantuan kartu domino pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil penelitian tahap pra siklus yaitu dapat diperoleh bahwa skor rata-rata keaktifan siswa adalah 49,97 % ( rendah ). Ada 4 siswa dalam kategori rendah, 6 siswa kategori sedang, dan belum ada siswa yang berkategori tinggi. Keaktifan dapat diketahui peningkatannya sebelum dilakukan tindakan (Pra Siklus) pada kategori “rendah” yaitu 49,97% setelah dilakukan perlakuan tahap kedua yaitu siklus I menggunakan metode permainan dalam pembelajaran skor rata-ratanya meningkat menjadi 67,88% dengan kategori “sedang”. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus II skor rata-ratanya meningkat menjadi 89,32 % masuk dalam kategori “tinggi”.

Published
2022-08-23
How to Cite
Zagita Limbong, A., Ngazizah, N., & Suyoto, S. (2022). MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DENGAN KARTU DOMINO KELAS V. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 30-36. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2234
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>