LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK DI ERA MERDEKA BELAJAR PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
Artikel ini berupaya untuk menganalisis tentang lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Analisis digunakan untuk mengetahu dan memperoleh data secara mendalam lewat jurnal/artikel. Tahapan penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap editing, tahap organizing dan tahap finding. Dalam penelitian ini data diperoleh dari jurnal yang telah terpublikasi dan terindeks google scholer. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pemilihan sumber belajar pada proses pembelajaran dapat dilakukan untuk menciptakan variasi belajar pada era merdeka belajar. Variasi sumber belajar bermanfaat agar peserta didik memiliki pengalaman yang berbeda serta pemahaman yang baik mengenai materi yang dipelajari. Guru dapat menentukan sumber belajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru dapat menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik dengan mengaitkannya dengan materi pembelajaran. Lingkungan sebagai sumber belajar memiliki dampak 1). Meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2). Meningkatkan motibasi belajar peserta didik, 3). Peserta didik tidak bosan saat belajar, 4). Peserta didik memiliki pengalaman nyata, 5). Perkembangan kognitif, 6). Perkembangan emosional, 7). Perkembangan fisik, 8). Meningkatkan keterampilan sosial dan budaya.