PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA BATIK JUMPUTAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SMPLB KELAS VII DI SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan keterampilan batik
jumputan sebagai kegiatan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita
di SMPLB kelas VII SLB Muhammadiyah Purworejo. Pendekatan penelitian yang digunakan
yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan yaitu one group pre-test post-test. Subjek dari penelitian ini adalah anak tunagrahita
SMPLB kelas VII yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data observasi dan pemberian
tugas. Tingkat kemampuan motorik halus anak tunagrahita sebelum diberikan kegiatan
keterampilan batik jumputan dengan persentase sebesar 3,33% dan setalah diberikan kegiatan
keterampilan batik jumputan masuk pada siklus I mengalmi peningkatan 21,3% meningkat
17,97%/ Pada siklus II mencapai 33, 3% sehingga mengalami peningkatan 20,97%. Hal ini
membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan motorik halus anak
tunagrahita sesudah diterapkan keterampilan batik jumputan. Artinya penggunaan Batik
Jumputan dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak
tunagrahita.