UPAYA MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DI KELAS IIB SD NEGERI SITIHARJO GARUNG WONOSOBO

  • Akhmad Hanama Universitas Ahmad Dahlan
  • Trikinasih Handayani Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyatno Suyatno Universitas Ahmad Dahlan
  • Dewi Partini Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: CIRC, Keterlambatan membaca, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Berdasarkan hasil observasi didapatkan masalah keterlambatan membaca siswa kelas IIB SDN Sitiharjo sehingga perlu dilaksanakan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dalam mengatasi keterlambatan membaca di kelas IIB SD Negeri Sitiharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran CIRC dan variabel terikat yaitu keterlambatan membaca. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IIB SDN Sitiharjo berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru serta lembar penilaian kemampuan membaca siswa. Tahapan penelitian ini terdiri dari empat yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif untuk hasil observasi dan kuantitatif deskriptif untuk hasil tes kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 55,71 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17,82 sehingga nilai rata-rata pada siklus II adalah 73,53. Kriteria pada siklus I adalah gagal sedangkan pada siklus II kriteria kemampuan membaca siswa adalah baik. Pada siklus I persentase ketuntasan membaca siswa adalah 32,14% dan pada siklus II adalah 67,85%. Terjadi peningkatan sebanyak 35.71%. Jadi kesimpulannya model CIRC terbukti berhasil mengatasi masalah keterlambatan membaca pada siswa kelas IIB SDN Sitiharjo.

Published
2023-02-27
How to Cite
Hanama, A., Handayani, T., Suyatno, S., & Partini, D. (2023). UPAYA MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DI KELAS IIB SD NEGERI SITIHARJO GARUNG WONOSOBO. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2951
Section
Articles