PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Maytha Maharani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Powerpoint, Interaktif, Tematik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif tema Lingkungan Sahabat Kita untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) Untuk mendeskripsikan validasi terhadap pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif tema Lingkungan Sahabat Kita untuk siswa kelas V sekolah dasar, (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Powerpoint interaktif tema Lingkungan Sahabat Kita untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif ini menggunakan prosedur pengembangan model ASSURE yang terdiri dari: (1) Analzye Learner Characteristic, (2) State Objectives, (3) Select Methods, Media and Materials, (4) Utilize media and materials, (5) Require Learner Participation, (6) Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara dan lembar kuesioner yang terdiri dari lembar kuesioner validasi media pembelajaran dan lembar kuesioner respon siswa. Untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan media Powerpoint interaktif dengan model ASSURE. Hasil kelayakan media ini diperoleh dari validasi pada media pembelajaran ini berpedoman pada dua aspek, yaitu: (1) aspek media, (2) aspek materi. Hasil validasi dua pakar media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan skor 3,73 dan 2,97. Dari kedua validator tersebut dapat diperoleh rata-rata skor 3,35 dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil respon siswa berpedoman pada tiga aspek, yaitu: (1) aspek minat, (2) aspek tampilan, dan (3) aspek bahasa. Hasil respon siswa pada uji coba perorangan diperoleh skor rata-rata 79,75 dengan kategori “baik”. Dan hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 83,2 dengan kategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Powerpoint interaktif tema lingkungan sahabat kita memiliki kualitas baik dan dapat digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran.

Published
2023-08-31
How to Cite
Maharani, M., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2023). PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 52-65. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3642
Section
Articles