FAKTA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA SERTA ENTITAS MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja fakta yang ditemukan pada pelaksanaan kurikulum Merdeka, dan entitas Merdeka belajar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan studi literatur yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang ada, menganalisis, dan merumuskannya dalam bentuk deskripsi yang jelas. Hasil penelitian ini pada fakta pelaksanaan kurikulum Merdeka ditemukan bahwa penerapan kurikulum Merdeka memberikan kewenangan lebih besar kepada sekolah dalam merancang dan mengelola kurikulum sesuai kebutuhan siswa, pondasi terbentuknya karakter melalui profil pelajar Pancasila, lebih mendorong pembelajaran agar lebih berpusat kepada siswa, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, merespons perkembangan teknologi pada pembelajaran, dan guru diberdayakan untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Melihat fakta-fakta tersebut, entitas Merdeka belajar di sekolah dasar merupakan Langkah progresif dalam melibatkan siswa, guru, dan sekolah dalam merancang proses pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan karakteristik siswa. Entitas Merdeka belajar tidak hanya menandai sebuah perubahan kurikulum, tetapi juga melibatkan perubahan budaya dan praktik dalam dunia Pendidikan. Meskipun memiliki potensi positif, implementasi entitas Merdeka belajar di sekolah dasar juga dihadapi oleh sejumlah hambatan, seperti keterlibatan orang tua yang kurang, kesiapan guru yang masih kurang, tingginya beban kerja guru, serta sulitnya dalam penyusunan modul ajar.