Pengembangan Platform Layanan Curhat Online Berbasis STEAM dengan Menggunakan Website
Abstract
Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Integrasi STEAM dalam pembelajaran dianggap sebagai tantangan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat semua orang mudah untuk mengakses teknologi salah satunya website. Ada dampak positif dan negatif dari penggunaan website, dalam hal ini peneliti ingin memanfaatkan sisi positif penggunaan website. Tujuan penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena stress yang terjadi pada banyak orang dengan keinginan bercerita tapi bingung untuk berbagi, sehingga peneliti mengembangkan platform layanan curhat dari website. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan Platform curhat online dilakukan melalui Google Form yang ditautkan di website curheart.rf.gd. Respon berupa solusi mengenai yang dicurhatkan dikirim melalui surel. Privasi dari pengguna layanan curhat terjaga sehingga tidak perlu ragu untuk mencurahkan isi hati. Kata motivasi, artikel seputar permasalahan curhat, dan tantangan positif juga tersedia dalam website “Cu-Heart”. Secara umum website ini layak untuk digunakan.
Copyright (c) 2024 Inggrit Nada Prahasdita, Nur Ngazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.