Analisis Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

  • Siti Nurhalifah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: soal, asesmen, taksonomi bloom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan Taksonomi Bloom pada butir soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Ganjil dan kesesuain butir soal dengan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD N 1 Pangenrejo tahun ajaran 2023/2024. Taksonomi Bloom digunakan sebagai kerangka kerja untuk mengkategorikan dan mengeval_uasi tingkat kognitif yang termuat pada butir soal. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif jenis analisis dokumen atau isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ASAS Matematika semester ganjil terdapat dominasi pada soal kategori LOTS, terutama pada tahap mengaplikasikan dan mengingat, untuk soal kategori HOTS masih kurang terwakili terutama untuk tahap mengeval_uasi belum muncul pada soal. Kesesuaian soal dengan tujuan pembelajaran Matematika terdapat beberapa tujuan pembelajaran semester genap muncul pada soal asesmen sumatif semester ganjil. Hal ini menunjukkan ketidakkonsistenan pada saat pembuatan soal, maka dari itu peningkatan konsistensi dan kelengkapan penjabaran tujuan pembelajaran ke dalam soal asesmen perlu ditingkatkan.

Published
2024-08-02
How to Cite
Nurhalifah, S., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2024). Analisis Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 29-35. https://doi.org/10.37729/jpd.v5i2.5273
Section
Articles