Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

  • Sepia Sri Rahayu Universitas buana perjuangan karawang
  • Yayan Alpian Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sinta Maria Dewi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Flashcard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar kelas 1 SDN Wargasetra I. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penellitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan metode yang digunakan quasi eksperimental pretest-posttest control group design. Jenis sampel ini menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 A berjumlah 20 siswa dan kelas 1B berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes pretest dan posttest menggunakan tes Early Grade Reading Assessmen yang merupakan tes baku. Analisis data penelitian ini menggunakan  uji normalitas, uji homogenitas menunjukan bahwa data yang di peroleh normal dan homogen, selanjutnya perhitungan hipotesis menggunakan independent sample t-test bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,02 lebih kecil dari 0,05 maka HO di tolak dan Ha di terima dan hasil perhitungan t hitung sebesar 2,432 > dari t tabel sebesar 2,042. Hasil pnelitian menunjukan  bahwa terdapat pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan.

 

Published
2025-02-06
How to Cite
Rahayu, S. S., Alpian, Y., & Dewi, S. M. (2025). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 38-51. https://doi.org/10.37729/jpd.v6i1.5396
Section
Articles