PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTURI 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Karangturi 03. 2) Meningkatkan berpikir kritis siswa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning pada mata pelajaran matematika SD Negeri Karangturi 03.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan kepada siswa kelas IV semester 2 dan dilakukan dengan 2 kali siklus. Subyek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Karangturi 03 dengan jumlah siswa 25. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis kemampuan berpikir kritis dan analisis hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan adanya penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Siklus I indikator Interpretasi 69%, Analysis 45%, eval_uation 65%, dan Inferensi 68%. Perolehan persentase ketuntasan berpikir kritis sebesar 72% dari jumlah siswa di kelas. Siklus II indikator Interpretasi 91%, Analysis 81%, eval_uation 80%, dan Inferernsi 91%. Perolehan persentase ketuntasan berpikir kritis 100% dari jumlah siswa di kelas.
Kata Kunci: Berdiferensiasi; Kemampuan Berpikir Krtitis; Matematika; Project Based Learning
Copyright (c) 2025 Nabila Khoerunnisa, Riawan Yudi Purwoko, Suyoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.