ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV SDN Kledungkradenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kledungkradenan yang berjumlah sebelas siswa dan akan diambil tiga siswa sesuai dengan kategori kemampuan numerasi yaitu tinggi, sedang, dan rendah untuk diteliti lebih dalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman tes kemampuan numerasi dan pedoman wawancara siswa. Teknik pemeriksaan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu S1 dapat menggunakan berbagai angka atau simbol matematika untuk menyelesaikan permasalahan, selain itu S1 juga menganalisis informasi dari gambar dengan baik dan hampir tepat dalam mengambil semua keputusan. S1 tidak kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, hanya saja perlu lebih teliti. S2 dapat menggunakan berbagai angka atau simbol matematika untuk menyelesaikan permasalahan, S2 cukup baik menganalisis informasi dari gambar namun kurang mampu mengambil keputusan yang tepat. S2 kurang memahami dan menganalisis soal cerita lebih dalam. S3 belum mampu menggunakan berbagai angka atau simbol matematika untuk menyelesaikan masalah, namun S3 cukup mampu menganalisis gambar dan mengambil sebuah keputusan. S3 belum memiliki keinginan dalam membaca dan menyelesaikan soal cerita karena terlalu panjang dan rumit.
Kata kunci: Analisis kemampuan, numerasi, soal cerita
Copyright (c) 2025 Syahla Nadya Laelatulfi, Riawan Yudi Purwoko, Suyoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.