Analisis Kesulitan Siswa dalam Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Pangenrejo

  • Antika Rizka Saputri Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal menghitung penjumlahan dan pengurangan. 2) mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal menghittung penjumlahan dan pengurangan. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 1 Pangenrejo yang berjumlah 25 siswa dan diambil 7 siswa sesuai kesulitan siswa. Objek penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa , S-01 langsung menuliskan bilangan tanpa menyimpan, S-02 salah pada saat menyimpan bilangan, 2) kesulitan dalam menghitung S-03 kesalahan menghitung dan ketidak fokusan dalam menjumlahnkan S-04 tidak fokus dalam pengurangan 3) kesulitan dalam memecahkan masalah, S-05 masih salah mengartikan cara pengurangan bersusun, S-06 dengan penempatan garis yang salah, hasil penjumlahan dan pengurangan salah sedangkan S-07 mengerjakan pengurangan dengan dijumlahkan. Faktor Internal dan eksternal kesulitan menghitung 1) faktor internal, 2) faktor eksternal, kurangnya kedekatan siswa dengan guru.
Kata Kunci: faktor internal dan eksternal, kesulitan menghitung, penjumlahan dan pengurangan

Published
2025-02-08
How to Cite
Antika Rizka Saputri, & Pangestika, R. R. (2025). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Pangenrejo. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 157-158. https://doi.org/10.37729/jpd.v6i1.5508
Section
Articles