Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kasihan Bantul

  • Putri Sri Agustin Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Kecerdasan, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal, tingkat kecerdasan interpersonal, tingkat prestasi belajar Matematika, pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar Matematika, pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar Matematika, pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar Matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survey. Populasi pada penelitian ini adalah 208 siswa dengan sampel 137 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecerdasan intrapersonal siswa kelas IV memiliki nilai rata-rata 77,2. Tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas IV memiliki nilai rata-rata 78,5. Tingkat prestasi belajar Matematika siswa kelas IV memiliki nilai rata-rata 67,2. Kecerdasan intrapersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan signifikansi 0,000<0,05. Kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan signifikansi 0,000<0,05. Kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan signifikansi 0,000<0,05.

Published
2025-03-04
How to Cite
Putri Sri Agustin. (2025). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kasihan Bantul. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 159-176. https://doi.org/10.37729/jpd.v6i1.5838
Section
Articles