Proses Belajar Siswa dalam Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar
Abstract
Tulisan ini mengkaji terkait adanya proses belajar siswa sekolah dasar dengan memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru, selain itu penelitian ini pun memfokuskan pada materi yang diberikan guru terkait pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas. Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskritif, dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan hasil observasi di lapangan yang telah dilakukan penelitian pada dua sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah masing-masing lima siswa sekolah dasar kelas tiga dan dua guru kelas tiga di dua sekolah. Penelitian lebih berfokus pada siswa sekolah dasar kelas tiga dan guru kelas tiga. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis), dengan adanya suatu reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan dengan proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini ditemukanya adanya kesulitan siswa dalam pelajaran seni budaya dan prakarya karena mereka tidak diberikan dasar dari pembelajaran kesenian, dan prakarya. Masing-masing siswa tidak dapat melakukan praktik sendiri hal ini perlu adanya pendamping, bimbingan dan arahan dari guru membantu proses belajar di kelas. Kesulitan pun dialami oleh guru kelas tiga dari dua sekolah yang telah dilakukan penelitian menemukan dari dua guru tersebut tidak terlalu menguasai bidang seni budaya dan prakarya sehingga dianggap sulit ketika pemberian materi seni budaya dan prakarya.