Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Realistic Mathematics Education berbantuan bahan ajar ditinjau dari curiosity siswa SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar melampaui KKM, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar, (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan ekspositori, dan (4) untuk menguji pengaruh antara curiousity siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian adalah penelitian eksperimen murni (true experimental) dengan menggunakan kelompok kontrol (pre test – post test control group design). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri Muara Reja 1 dan 2 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tahun pelajaran 2021/2022. Sedangkan sampelnya adalah SD Negeri Muara Reja 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah (1) uji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika (one sample t test) dan uji ketuntasan klasikal, (2) uji beda rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika (uji independent t test), dan uji beda dua proporsi, (3) uji peningkatan kemampuan pemecahan matematika (uji independent t test), dan (4) uji pengaruh curiousity terhadap kemampuan pemecahan masalah (uji regresi sederhana). Hasil Penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar melampaui 70, dan proporsi siswa yang diajar dengan model RME berbantuan bahan ajar yang mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah telah melampaui 80%. (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diberikan pembelajaran konvensional, dan proporsi siswa yang diajar dengan model RME berbantuan bahan ajar yang mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran konvensional, (4) pengaruh curiousity terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 90 %. Signifikansi dari penelitian ini adalah model RME berbantuan bahan ajar dapat digunakan sebagai referensi model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, curiousity dapat digunakan menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
References
Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.
Gee, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education. Jurnal Education And Development Institut, 7(3), 269–277.
Harahap, M. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Rme (Realistic Mathematic Education) di Stkip Tapanuli Selatan. Jurnal Education And Development, 7(5), 21–26. Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/92
Harahap, M. Syahril. (2018). Matematis dengan Penggunaan Bahan Ajar RME ( Realistic Mathematic Education ). Jurnal Education And Development, 3(2), 56–60.
Hutagalung, R. (2022). Pengaruh Rasa Ingin Tahu (Curiosity) dan Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Basicedu, 6(2), 2892–2903.
Kristanti, C. A., Agustini, F., & Wakhyudin, H. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran RME Berbantu Media Hapiz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Srondol Kulon 01 Semarang Christy. Seminar Nasional Pgsd 2017, 1054–1067.
Logo, T. B., Rowa, Y. R., & Uskono, I. V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Asimtot, 2(1), 83–90.
Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas Iv Sd It Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97.
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Https://Doi.Org/10.1016/S0737-0806(98)80482-6
Noviyana, H., & Fitriani, D. (2017). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 385–392.
Noviyana, H., & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829.
Nurmina, S., Sridana, N., & Junaidi, J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Keterampilan Abad 21 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Muallimat Nw Pancor. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.29303/Jm.V3i1.1956
Polya, G. (1985). How To Solve It.
Rosneli, M. R., & Hidayat, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( Rme ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Sekolah Dasar. Jote, 1(1), 70–78.
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education ( Rme ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan. Peteka, 3(1), 26–33. Https://Doi.Org/10.31604/Ptk.V3i1.26-33
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jkpm, 03(02), 115–122.
Widodo, A. N. A., & Amalia, S. R. (2020). Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender Pendidikan Matematika , Universitas Peradaban , Brebes , Indonesia Abstrak Pendahuluan Hasil Pisa ( Programme For Internasional Studen. Aksioma, 9(1), 158–165.
Zetriuslita. (2016). Profil Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu ( Curiosity ) Matematis Mahasiswa. Jip, 8(1), 1–6.