Penerapan teknik Word Webbing dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik

  • Tahrir Masror Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Semi Sukarni Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Word Webbing, kosakata, Penelitian Tindakan Kelas, Bahasa Inggris

Abstract

Kosakata adalah sangat penting untuk peserta didik sebagai bahasa pembelajar untuk bisa mengekspresikan ide-ide mereka, pikiran, perasaan dan opini secara lisan atau tulisan. Pada kurikulum merdeka Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib di sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas berfokus pada penguasaan empat skill yaitu membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Penguasaan skil ini didukung dengan pembelajaran aspek-aspek bahasa yang meliputi grammar, kosakata dan pengucapan. Namun, fakta di lapangan penguasaan aspek minimal sehingga keterampilan bahasa sulit dikuasai. Salah satu aspek bahasa- kosakata belum diajarkan secara maksimal karena guru kurang update dengan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif Word Webbing dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganyar pada tahun akademik 2023-2024, Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Karanganyar pada bulan Januari - Februari 2024 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.  Partisipan sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan check list observasi, dan tes prestasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa Word Webbing efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris  pada peserta didik. Hal ini dibuktikan  dengan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik dalam pretest hanya 3.791 yang berbeda secara signifikan dalam post test yaitu 7, 34. Karena hasil t-test adalah 11,8747 yang lebih tinggi dari t-tabel (2,021) artinya ada pengaruh positif dari Word Webbing dalam meningkatkan penguasaan  kosa kata bahasa Inggris.

References

Afghari, Akbar, and Parinaz Khayatan. 2017. “Collaborative Learning and Iranian EFL Learners’ Vocabulary Improvement through Snowball and Word-Webbing Techniques.” International Journal of English Language & Translation Studies 5(2):122–31.

Afzal, Naeem. 2019. “A Study on Vocabulary-Learning Problems Encountered by BA English Majors at the University Level of Education.” Arab World English Journal (AWEJ) Volume 10.

Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in English Language Teaching.

Kalsum, Ummi. 2017. “Using Team Word Webbing to Increase the First Grade Students’ Vocabulary at MTsN Binamu Jeneponto.” Makassar: English Education Deparment Tarbiyah and Teaching Science Faculty, Alauddin State Islamic University.

Mertler, Craig A. 2017. “Action Research : Teachers as Researchers in the Classroom.” The Modern Language Journal.

Nation, I. S. P., and John Macalister. 2010. Language Curriculum Design. London: Routledge.

Prasetyaningrum, Ari. 2018. “The Use of Team Word Webbing in Writing Skill for EFL Students.” VELES (Voices of English Language Education Society) 2(2).

Putri, Mulia, and Jufri Jufri. 2018. “Using Team Word Webbing to Teach Reading Comprehension on News Item Text for Senior High School Students.” Journal of English Language Teaching 7(1):177–86.

Ramadhana, Nurul Afifah, and Yenni Rozimela. 2018. “High Order Thinking Skill-Based Questions in The Items Developed by Senior High School Teacherss of Padang.” Journal of English Language Teaching 7(4):720–31.

Razaq, Yusuf, and Nurul Natasya. 2021a. “Investigation of Middle-School Students’vocabulary Mastery by Using Spider Word Webbing.” Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2):41–48.

Reutzel, D. Ray, and Parker Fawson. 1991. “Literature Webbing Predictable Books: A Prediction Strategy That Helps Below‐average, First‐grade Readers.” Literacy Research and Instruction 30(4):20–30.

Rose, Richard, and Ian Grosvenor. 2013. “Action Research.” in Doing Research in Special Education: Ideas into Practice.

Roudometof, Victor. 2021. “The New Conceptual Vocabulary of the Social Sciences: The ‘Globalization Debates’ in Context.” Globalizations 18(5):771–80.

Siregar, M. Rizki Hidayah. 2020. “The Effect of Using Webbing Technique On Students’writing Descriptive Text Ability (A Study at the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Barumun in 2018/2019 Academic Year).” JURNAL LINER (Language Intelligence and Educational Research) 3(1):68–85.

Suryaningsih, Asmira, Nurdevi Bte Abdul, and Uyunnasirah Hambali. 2021. “The Effectiveness of Using Team Word-Webbing in Teaching Literal Reading Comprehension At The Tenth Grade Of Sma Negeri 15 Pangkep.” English Language Teaching Methodology 1(2):76–81.

Wahyuni, Rahayu Sri, and Ratmanida Ratmanida. 2020. “An Analysis of Students’ Strategies in Developing English Vocabulary.” Journal of English Language Teaching 9(4):652–60.

Wiggins, Alexis. 2017. The Best Class You Never Taught: How Spider Web Discussion Can Turn Students into Learning Leaders. ASCD.

Yudianto, Fajar. 2017. “Teaching Writing Analytical Exposition Text By Using Team Word-Webbing Technique.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 6(6).

Published
2024-07-27
How to Cite
Masror, T., & Sukarni, S. (2024). Penerapan teknik Word Webbing dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik . Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 10(1), 18-28. https://doi.org/10.37729/jpse.v10i1.4834