Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Teori Graf berdasarkan Kriteria Watson

  • Dita Yuzianah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prasetyo Budi Darmono Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nila Kurniasih Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Analisis kesalahan, teori graf, Kriteria Watson

Abstract

Materi teori graf sangat penting dipelajari bagi mahasiswa. Pada kenyataan dilapangan selama saya mengajar matakuliah matematika diskrit pada materi teori graf mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan pada pengerjaan soal, ini terlihat dari hasil jawaban mahasiswa dmana sebagian besar mahasiswa masih mendapat nilai di bawah 60. Salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan adalah kriteria Watson. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori graf berdasarkan kriteria Watson. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang diambil sebanyak 4 mahasiswa, pengambilan subjek dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, kesalahan mahasiswa pada saat mengerjakan soal teori graf diantaranya: prosedur tidak tepat terjadi ketika mahasiswa hanya mengerjakan tanpa melalui langkah pengerjaan, kesalahan kesimpulan hilang terjadi ketika mahasiswa tidak menuliskan kesimpulan yaitu tidak menjumlahkan bobot akhir dari algoritma kruskal dan kesalahan konflik level respon terjadi ketika jawaban tidak disertai jawaban yang logis.

References

(Online)., K. B. B. I. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Retrieved from https://kbbi.web.id/analisis

Ananda, R.P., Sanapiah, &Yuliyanti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP N 7 Mataram dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram., 6(2), 81.

Cahyani, A. & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 370–371.

Evianti, N., Jafar., Busnawir., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kenari dalam Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 141.

Fitria Nur Kusti Aisyah, Sri Hariyani, R. N. I. D. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22. Retrieved from http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index._php/jrpm

Guswanto, E. (2018). . Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kadikma, 9(1).

Haerudin, O. Y. K. dan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. (pp. 228–232). Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index._php/sesiomadika

Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sykmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Junaidi, A. (2015). Analisis Program Siaran Berita Berjaringan Di Program 1 RRI Samarinda dalam Menyampaikan Berita dari Kawasan Perbatasan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 282.

Muhamad Khoirul Fuad, D. A. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson. In SANDIKA (pp. 366–372). Pekalongan. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://proceeding.unikal.ac.id/index._php/sandika/article/download/1214/789/&ved=2ahUKEwiZgs-ykfOGAxUp6jgGHX-gDkoQFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw2XvWdBGQ-3AXrDMvDCep5V

Palayukan, H. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 24.

Sanwidi, A. (2018). Analisisi Kesalahan Mahasiswa Matematika UNU Blitar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 39.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Wahyudi, A., & Rustantia, F. (2018). Sistem Tanggung Renteng Sebagai Strategi Pembiayaan dalam Meningkatkan Kinerja Bumdes yang Bankable pada Masyarakat Desa. In UNEJ e-Proceeding (p. 36).

Wardani, N. & Dani, F. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Menggunakan Kriteria Watson. Jurnal Sesiomandika, 2(1a), 15.

Zaluchu, S. . (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 259.

Published
2024-07-28
How to Cite
Yuzianah, D., Darmono, P. B., & Kurniasih, N. (2024). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Teori Graf berdasarkan Kriteria Watson . Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 10(1), 95-103. https://doi.org/10.37729/jpse.v10i1.4949