Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa di kelas VA SDN Bendungan Semarang
Abstract
Rendahnya hasil belajar pada materi FPB dan KPK di Kelas VA tahun ajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa hasil belajar masih di bawah KKTP yang disebabkan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional oleh karena itu peneliti menerapkan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VA SDN Bendungan Semarang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VA SDN Bendungan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vadi SDN Bendungan Semarang. Sampel penelitiannya adalah 26 siswa kelas VA. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK dengan bentuk uraian, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil Uji t di peroleh hasil thitung = 11,463 hasil tersebut kemudian dibandingan dengan nilai ttabel untuk dk (26– 1) = 25 taraf signifikansi 5% atau 0,05 adalah 2,059. Hasilnya thitung 11,463 lebih besar dari 2,059 atau thitung ˃ ttabel maka kesimpulannya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh signifikan penerapan PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VA SDN Bendungan Semarang. Signifikansi dari penelitian ini adalah model PBL dapat digunakan sebagai referensi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas V Sekolah Dasar.
References
Aisyah, N. H. N., Nuroso, H., & Wijayanti, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4283–4291. http://j-innovative.org/index._php/Innovative/article/view/2401
Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, I. G. A. A. D., & Mahartayasa, M. (2019). Buku Pedoman Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 164–173.
Asiyah dan Sarry. (2023). Penerapan Model PBL Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Sekolah Dasar.
(1), 1–13. http://journal.upgris.ac.id/index._php/malihpeddas
Dewi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK Dikelas IV SD. 8.
Febriyanti, N. S., & Budiyono. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi FPB dan KPK Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1718–1727.
Khomaidah, S., & Koeswanti, H. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 371–378. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.356 Khusnun Nandifa, N., Nuvitalia, D.,
Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Sawah Besar 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4019–4031.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1069
Kueshendrawan & Miyono. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Wonotingal Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(04), 18672–18681.
Laili, N. (2020). Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Core.Ac.Uk, 1–25. https://core.ac.uk/download/pdf/295326217.pdf
Masniladevi, N. M. &. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2502–2507.
Nanda Afrita Hagi, Henny Dewi Koeswanti, E. H. R. (2019). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 3(4), 53–59.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mehods).
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, eval_uasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368
Wihono, P., & Nuroso, H. (2022). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Lontar …, 2587, 169–176. http://conference.upgris.ac.id/index._php/lpf/article/view/2880%0Ahttp://confere nce.upgris.ac.id/index._php/lpf/article/download/2880/1818