Aplikasi media pembelajaran mobile learning berbasis Android Kodular meningkatkan minat belajar siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya minat belajar siswa dan berkembang pesatnya teknologi membuat siswa lebih senang bermain gadjet. Pembelajaran berbaasis android dapat membuat siswa bermain gadjet sambil belajar sehingga aplikasi berbasis android dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelelitian ini adalah mengambangkan media pembelajaran mobile learning berbasis android kodular yang valid, praktis, dan efektif. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJT 1 SMK Al Huda Bumiayu tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Riset and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknis analiis data menggunakan uji paired sample t test dan uji gain. Hasil dari validasi media dan validasi materi masing-masing mendapatkan presentase 84,2% dan 91,8% dengan kategori sangat valid dan 90,88% dengan kategori sangat praktis pada uji praktikalitas. Perolehan hasil peningkatan minat belajar siswa yaitu sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android kodular yang valid, praktis, dan efektif. Perlu dikembangkan media digital berbasis android kodular untuk meningkatkan varibel lain misal kemampuan matematis siswa.
References
Anaperta, Megasyani et al. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Menggunakan E-Modul Kelas X TKJ Pada Mata Pelajaran Dasar Kejuruan SMK 3 Padang. Jurnal Publikasi Teknik Informatika (JUPTI).
Ayunda, R.P., Zakir, S., Sesmiarni,Z., dan Aprison, W. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Menggunakan Kodular pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Di MTSS Plus Padang Kandang Kabupaten Padang Pariaman. KOLONI, 2(1), 163-178.
Kuntoro, B.T., Faajrie, N. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Menggunakan Skala Likert Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal Tunas Bangsa Vol. 10 (1). 1-10.
Dalimunthe, Idris, M. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akutansi Pada Mahasiswa Program Studi Akutansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akutansi Vol. 5(2) 99-108.
Devi et al. 2021. Pemanfaatan E-Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, Vol 3 (1) 74-82.
Furima, Y. A., Nalbaho, J. P. P., dan Suhendra, C. D. 2022. Aplikasi Belajar Dan Bermain Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Kodular. Journal Of Information Science And Technology, 11(1),47-58.
Junaidi, A., Bakir, Anwari. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kodular di Sekolah Dasar dengan Metode Research Development. Jurnal Tiarsie, 20(4), 91-96.
Muqtada, M.R. dan Nurjanah, A. 2023. Pengembangan E-Modul Android Berbasis Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol. 12 (2). 100-112.
Hasanah, M, Hasbiyati, H dan Nurjanah, U. 2019. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media E-Book Bereksitensi EPUB Di MTS Al-Amin Silo. Educazione, Vol 7(1) 8-17.
Megasyani, A et al. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Discovery Learning menggunakan E-Modul Kelas X TKJ Pada Mata Pelajaran Dasar Kejuruan SMK 3 Padang. Jurnal Publikasi Informatika(JUPTI) Vol 3(1) 21-28.
Milasari et al. 2024. Model Inquiry Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Bintan. INNOVATIVE :Journal Of Social Science Research.
Hidayat, M. T, Zakaria, Y. 2023. Pembuatan Aplikasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Kodular Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. ICT Learning. Vol. XX. 1-9.
Asri, N. A., Ginting, M. T. H. 2023. Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 palangka Raya. Harati Jurnal Pendidikan Kristen Vol. 3(2). 141-152.
Fitriansyah, N., Saputro, M. 2023. Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika(JPMM) Vol. 5(2)
Oktaria, N., Mulyono, H., Kurniawan, H. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Informatika Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PeTeKa, 6(4), 796-806.
Rusmana, Paramitha. 2023. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Duplingo Dalam Media Pembelajaran Bahasa Korea Pada Chat Gongbu. Skripsi. Universitas Nasional Pionir Perusahaan
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Yudi, K, Connie & Nirwana. 2024. The Development Media for Interactive Learning using Bots Api of Telegram Social Media pn Harmonic Motion Materials for Class X of Senior High School. Kasuari:Physics Education Journal Vol 7(1) 1-12.