https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/issue/feedJurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)2024-12-09T00:19:49+07:00Riawan Yudiriawanyudi@umpwr.ac.idOpen Journal Systems<pre>Title :Jurnal Pendidikan Surya Edukasi<br>Abbreviation :JPSE<br>DOI Prefix :https://doi.org/10.37729/jpse <br>ISSN :<a href="http://u.lipi.go.id/1450760082">2477-829X</a>(p), <a title="e-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1476710393">2541-4070</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (June and December)<br>Editor in Chief :Sriyono<br>Managing Editor :Riawan Yudi Purwoko<br>Indexing :<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7897">Click here</a><br>Focus & Scope :<a href="http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/about/editorialPolicies#focusAndScope">Click here</a></pre>https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/5638Analisis pengaruh pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi2024-12-09T00:19:28+07:00Mia Pangestimiapa2375@gmail.comM. Fathur Rahmanmiapangesti22@students.unnes.ac.id<p>Pendidikan memiliki keterkaitan dengan proses kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan berhasil apabila terdapat perubahan dalam diri individu. Keberhasilan belajar tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang yang masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang. Sampel penelitiannya adalah 80 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan internet secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung 4,281 > 1,664 dan hasil nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung – 2,904 > 1,664 dan hasil signifikansi 0,005 < 0,005. Disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung -815 < 1,664 dan hasil signifikansi 0, 418 > 0,005. Signifikansi dari penelitian ini adalah pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar dapat menjadi faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan hasil belajar ekonomi.</p>2024-12-09T00:18:57+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)