Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse <pre>Title :Jurnal Pendidikan Surya Edukasi<br>Abbreviation :JPSE<br>DOI Prefix :https://doi.org/10.37729/jpse <br>ISSN :<a href="http://u.lipi.go.id/1450760082">2477-829X</a>(p), <a title="e-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1476710393">2541-4070</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (June and December)<br>Editor in Chief :Sriyono<br>Managing Editor :Riawan Yudi Purwoko<br>Indexing :<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7897">Click&nbsp;here</a><br>Focus &amp; Scope :<a href="http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/about/editorialPolicies#focusAndScope">Click here</a></pre> en-US riawanyudi@umpwr.ac.id (Riawan Yudi) Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh penggunaan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi IPA di MTs Muhammadiyah Wuring Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3422 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik materi IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wuring yang berjumlah 47 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wuring yang terdari kelas VIII A yang berjumlah 24 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian <em>control group pre-test dan post-test.</em> Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata <em>post-test</em> hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,08 sedangkan untuk nilai rata-rata <em>post-test</em> hasil belajar&nbsp; peserta didik pada kelas kontrol yaitu 65,50. Hasil <em>post-test </em>tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa tanpa menggunakan metode demonstrasi. Hasil post-test tersebut diperkuat dengan hasil pengolahan data menggunakan pengujian hipotesis (uji t) yang dilakukan pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan uji t ini menghasilkan thitung = 9,581 dan ttabel = 0,000 dengan taraf signifikan α = 5% sehingga didapat thitung&gt; ttabel maka kesimpulannya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar&nbsp; peserta didik.</p> Supriatin, Rofinus Galis, Yulimira Syafriati Y. M. Sani Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3422 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembentukan pendidikan karakter bagi siswa Sekolah Dasar https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3784 <p>Di era digital segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Segala informasi ada digenggaman tangan. Perkembangan digital yang tidak dibarengi dengan pendampingan akan menimbulkan dampak jangka panjang. Salah satu dampaknya adalah degradasi moral. Implementasi Profil Pelajar Pancasila bertujuan agar para pelajar memiliki kemampuan intelektual yang unggul serta mengedepankan sikap yang sesuai dengan pengamalan nilai-nilai yang tertuang di dalam pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam upaya pembentukan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar salah satunya dengan pembiasaan melaksanakan salat berjamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni library reseach dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merekonstruksi dari berbagai sumber yakni buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Profil Pelajar Pancasila dapat membantu siswa untuk mengamalkan dan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Wujud penerapannya meliputi, melaksanakan ibadah sholat dengan khusyuk dan dilaksanakan secara berjamaah, tidak membeda-bedakan teman, saling membantu, membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama, hadir tepat waktu, serta berdiskusi untuk memecahkan masalah.</p> Suci Herwani Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3784 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Realistic Mathematics Education berbantuan bahan ajar ditinjau dari curiosity siswa SD https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3744 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar melampaui KKM, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar, (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan ekspositori, dan (4) untuk menguji pengaruh antara <em>curiousity</em> siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian adalah penelitian eksperimen murni (<em>true experimental</em>) dengan menggunakan kelompok kontrol (<em>pre test – post test control group design).</em> Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV&nbsp; SD Negeri Muara Reja 1 dan 2 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal&nbsp; tahun pelajaran 2021/2022. Sedangkan sampelnya adalah SD Negeri Muara Reja 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah (1) uji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika (one sample t test) dan uji ketuntasan klasikal, (2) uji beda rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika (uji independent t test), dan uji beda dua proporsi, (3) uji peningkatan&nbsp; kemampuan pemecahan matematika (uji independent t test), dan (4) uji pengaruh <em>curiousity</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah (uji regresi sederhana). Hasil Penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah&nbsp; siswa diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar melampaui 70, dan&nbsp; proporsi siswa yang diajar dengan model RME berbantuan bahan ajar yang mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah telah melampaui 80%. (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa diberikan pembelajaran dengan model RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diberikan pembelajaran konvensional, dan proporsi siswa yang diajar dengan model RME berbantuan bahan ajar yang mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran dengan RME berbantuan bahan ajar lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran konvensional, (4) pengaruh <em>curiousity</em>&nbsp; terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 90 %. Signifikansi dari penelitian ini adalah model RME berbantuan bahan ajar dapat digunakan sebagai referensi model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, <em>curiousity</em> dapat digunakan menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.</p> Feni Faryani, Parmin, Tri Dyah Prastiti Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3744 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Analisis pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran tari daerah nusantara https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3988 <p>Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh aplikasi Tiktok dalam pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada seni tari nasioanl. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran dan Aplikasi TikTok dalam media pembelajaran seni tari. Metode yang digunakan yaitu metode deskritif dimana telah mendeskripsikan hasil pencapaian di lapangan. Teknik pengumpulan data dan instrumen melalui wawancara, observasi,, dokumentasi. Tahapan dalam penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.&nbsp; Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis model interaktif <em>(Interactive Model of Analysis)</em>, ada tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, dilakukan dengan bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan peserta didik meningkat setelah guru memberikan pembelajaran media pembelajaran menggunakan Aplikasi TikTok, Peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran menggunakan aplikasi TikTok menarik pengetahuan siswa dengan rangsangan tampilan warna, gerakan pada gambar, teks yang tersedia, gambar yang menyenangkan serta pilihan musik yang mendukung sehingga siswa tidak bosan, pemanfaatan aplikasi TikTok dalam pembelajaran tari khsusunya gerakan tari memudahkan peserta didik dalam proses belajar di kelas.</p> Noviea Varahdilah Sandi, Cintya Nurika Irma, Fita Dwi Oktavia Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3988 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Need analysis of English subject for science program in senior high school grade XI https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3951 <p>The focus of this need analysis is on the students in Senior High School (SMA) Grade XII in Wonosobo specifically in English subject. The main objective is to know how deeply they understand the English material in the class. Students in this level (grade twelve) should have skills both speaking and writing higher than students in junior or elementary. At least they know how to communicate using simple words and understand the main topic in reading or grammar in writing. Hence, this study aims to describe the learners’ target need to learn English in science programs at Senior High Schools and to identify English skills needed by students in science programs. There were 22 twelfth graders involved in this study which consisted of students of SMA 1 Wonosobo. To obtain the data, a questionnaire in <em>Google form </em>was used. The findings showed that 86,4% of students like English as a subject, while 13,6% of students do not like English as a subject. Further, the interest in English from the students is also important. &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Students need a deep understanding of the material related to the terms. Another necessity is the English skills for their provision of knowledge to continue their study.</p> Mila Rodiana, Semi Sukarni Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3951 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh media pembelajaran game edukasi Quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Sint. Gabriel Maumere https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3503 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi <em>Quizwhizzer</em> Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Sint. Gabriel Maumere. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Sint. Gabriel Maumere tahun ajaran 2022/2023 sedangkan sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yang diperoleh yatu kelas XI IPS 1 dengan jumlah peserta didik 21 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu pengambilan sampel dua kelas dan keduanya dijadikan sampel penelitian. Dari hasil penelitian terdapat hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan media pembelajaran game <em>Quizwhizzer </em>mengalami peningkatan yang tinggi dari nilai rata-rata 62,57 menjadi 81,38. sedangkan hasil belajar&nbsp; peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran mengalami penurunan dari nilai rata-rata 69,14 menjadi 68,23. Setelah dilakukan Uji hipotesis dengan perhitungan uji independent t test diketahui <em>P</em>value= 0,000 dengan taraf signifikan 0.05 berarti nilai uji <em>t&nbsp; </em>signifikan, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh media pembelajaran game edukasi <em>Quizzwizzher</em> terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Sint. Gabriel Maumere.</p> Imelda Meri Yani, Dian Ernaningsih, Fitriah Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/3503 Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700