Perancangan Alat Peraga Konversi Energi Panas Menjadi Energi Listrik Menggunakan Konverter Termoelektrik

  • Yuli Surya Aji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Yusro Al Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Perancangan, Alat peraga, Konversi energi, Konverter thermoelektrik

Abstract

Telah dilakukan penelitian perancangan alat peraga konversi energi panas menjadi energi listrik menggunakan konverter termoelektrik guna mengetahui kelayakan alat peraga dan respon mahasiswa terhadap alat peraga. Desain Penelitian ini menggunakan tahap model  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhamadiyah Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 4 mahasiswa dan pada uji coba luas berjumlah 18 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil uji alat peraga dengan melakukan lima kali pengujian didapatkan hasil tegangan 1,881±2,98.10-3 V pada selisih suhu 170 C, 1,956±2,37.10-3 V pada selisih suhu 200 C, 2,031±1,28.10-3 V pada selisih suhu 220 C, 2,131±5,92.10-3 V pada selisih suhu 240 C, dan 2,315±5,18.10-3 V pada selisih suhu 310 C. (2) Valiadasi oleh dosen ahli terhadap alat peraga konversi energi diperoleh kelayakan sebesar 3,21 dengan kategori cukup baik dan rerata reliabilitas dua validator sebesar 93,8% dengan kategori reliabel. (3) Respon mahasiswa terhadap alat peraga pada uji coba terbatas diperoleh persentase 76,7% dengan kategori baik, pada tahap uji coba luas diperoleh persentase 83,8% dengan kategori baik. Dengan demikian alat peraga layak digunakan dalam pembelajaran

Published
2023-02-28
How to Cite
Aji, Y. S., Hakim, Y. A., & Kurniawan, E. S. (2023). Perancangan Alat Peraga Konversi Energi Panas Menjadi Energi Listrik Menggunakan Konverter Termoelektrik. Media and Technology in Education, 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/mte/article/view/3206
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)