Efektivitas Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Usaha dan Energi

  • Mutia Laelawati Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Yanti Sofi Makiyah Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: CTL, Modul, Pemahaman konsep, Usaha, Energi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul dalam meningkatkan pemahaman konsep. Pembelajaran menggunakan modul menitikberatkan pada modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimenĀ  dalam bentuk One-Group Pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji efektifitas, maka diperoleh hasil rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang, dan nilai effect size sebesar 1,82 dengan kategori sangat besar. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep melalui hasil pretest dan posttest yang diberikan pada peserta didik, dan modul berbasis Contextual Teaching and Learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi usaha dan energi.

Published
2023-02-28
How to Cite
Laelawati, M., & Makiyah, Y. S. (2023). Efektivitas Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Usaha dan Energi. Media and Technology in Education, 1(1), 9-16. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/mte/article/view/3317
Section
Articles