Pengembangan Booklet Etnosains Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana (GHS) Untuk Mengoptimalkan Literasi Peserta Didik

  • Lukman Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Media, Bookelet, Ethnosains, Literasi sains

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan booklet etnosains guna menghasilkan produk media pembelajaran berupa booklet untuk mengoptimalkan literasi sains peserta didik dan kelayakan booklet etnosains. Jenis penelitian yaitu perancangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada uji coba luas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi Booklet Etnosains, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh, diolah kemudian dianalisis menggnakan uji validitas serta uji kelayakan booklet etnosains, analisis respon peserta didik, dan uji N-gain untuk tes hasil belajar. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi booklet etnosains dari tiga validator mendapatkan nilai 3,39 dengan kategori cukup baik dan uji reliabilitas sebesar 73% dengan kategori cukup baik. (2) tanggapan peserta didik terhadap booket etnosains yang dikembangkan pada uji coba terbatas sebesar 82,5% dengan kategori baik dan uji coba luas 83% dengan kategori baik. (3) pengoptimalan literasi sains peserta didik tinggi, dengan nilai N-gain 0,65. Berdasarkan data diatas, booklet etnosains untuk mengoptimalkan literasi sains peserta didik dapat dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Published
2023-02-28
How to Cite
Hakim, L., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2023). Pengembangan Booklet Etnosains Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana (GHS) Untuk Mengoptimalkan Literasi Peserta Didik. Media and Technology in Education, 1(1), 16-22. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/mte/article/view/3318
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)