Pengembangan Booklet Etnosains Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana (GHS) Untuk Mengoptimalkan Literasi Peserta Didik
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan booklet etnosains guna menghasilkan produk media pembelajaran berupa booklet untuk mengoptimalkan literasi sains peserta didik dan kelayakan booklet etnosains. Jenis penelitian yaitu perancangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada uji coba luas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi Booklet Etnosains, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh, diolah kemudian dianalisis menggnakan uji validitas serta uji kelayakan booklet etnosains, analisis respon peserta didik, dan uji N-gain untuk tes hasil belajar. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi booklet etnosains dari tiga validator mendapatkan nilai 3,39 dengan kategori cukup baik dan uji reliabilitas sebesar 73% dengan kategori cukup baik. (2) tanggapan peserta didik terhadap booket etnosains yang dikembangkan pada uji coba terbatas sebesar 82,5% dengan kategori baik dan uji coba luas 83% dengan kategori baik. (3) pengoptimalan literasi sains peserta didik tinggi, dengan nilai N-gain 0,65. Berdasarkan data diatas, booklet etnosains untuk mengoptimalkan literasi sains peserta didik dapat dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Copyright (c) 2023 Lukman Hakim, Siska Desy Fatmaryanti, Ashari Ashari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.