Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Thinking Activity Berbasis Science Practical Work Assessment (PEKA) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan LKPD thinking activity berbasis PEKA guna mengetahui kelayakan LKPD thinking activity berbasis PEKA yang dikembangkan, tanggapan peserta didik terhadap LKPD thinking activity berbasis PEKA yang dikembangkan, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan subyek penelitian berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket tanggapan peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi LKPD thinking activity berbasis PEKA dari tuga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,5 ternasuk dalam kategori cukup baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Tanggapan peserta didik terhadap LKPD thinking activity berbasis PEKA tahap penerapan diperoleh persentase 87% dengan kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis tahap penerapan diperoleh N-gain 0,818 dan termasuk kategori peningkatan tinggi. Dengan demikian LKPD thinking activity berbasis PEKA yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.