Efektivitas Penerapan Lembar Kerja Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas X MIPA
Abstract
Telah dilakukan penelitian guna mengetahui efektivitas penerapan lembar kerja praktikum fisika berbasis literasi sains dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Purworejo. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas eskperimen dan kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kedua kelas dalam keadaan homogen karena Fhitung<Ftabel dengan Fhitung 1,098; Ftabel 1,835; SD 2,139 dan varian 4,577 (kelas eksperimen); serta SD 2,242 dan varian 5,026 (kelas kontrol). Rerata persentase skor total praktikum pada kelas eksperimen sebesar 90,00% sedangkan kelas kontrol sebesar 79,00%. Persentase keterampilan memecahkan masalah kelas eksperimen sebesar 20,51% dengan gain 0,205 kategori rendah sedangkan kelas kontrol sebesar 11,70% dengan gain 0,117 kategori rendah. Persentase sikap ilmiah awal dan akhir pada siswa kelas eksperimen sebesar 80,80% dan 81,58% dengan gain 0,041 kategori rendah sedangkan pada siswa kelas kontrol sebesar 85,05% dan 81,79% dengan gain 0,218 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan lembar kerja praktikum fisika berbasis literasi sains efektif dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA Kelas X MIPA.