The Influence of Applying the Guided Inquiry Learning Model Assisted By the Olabs Website On the Physics Learning Outcomes of High School Students

  • Yunitasari Yunitasari Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Maryani Maryani Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Alex Harijato Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Hawin Marlistya Priswawyani Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Guinded Inquiry, Olabs, Learning Outcomes

Abstract

Pembelajaran di abad 21 menuntut perubahan cara belajar yang dulunya hanya pada teacher centered learning, menjadi student centered learning. Salah satu model pembelajaran inovatif yang cocok untuk melatih kemandirian belajar siswa adalah pembelajaran inkuiri terbimbing. Penggunaan laboratorium virtual sangat mendukung jika fasilitas pelaksanaan praktikum kurang, dan dapat menghemat waktu. Salah satu laboratorium virtual yang dapat diakses secara gratis dan mudah diakses yaitu website Olabs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing binaan website Olabs terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sejati. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji prasyarat (uji homogenitas dan normalitas), pengujian hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan website Olabs dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar fisika. Hal ini terbukti dari hasil sig uji-t. (2-tailed) 0,001 0,05,   diterima dan Ha ditolak atau dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dibantu oleh website Olabs terhadap hasil belajar fisika siswa SMA

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Junedi, I. Mahuda, and J. W. Kusuma, “Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 16, no. 1, pp. 63–72, 2020, doi: 10.20414/transformasi.v16i1.1963.

F. Riyanti and A. Rustiana, “Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 3, pp. 1083–1099, 2019, doi: 10.15294/eeaj.v7i3.28341.

E. Syahputra, “Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. SINASTEKMAPAN, vol. I, no. November, pp. 1276–1283, 2018, [Online]. Available: http://portaluniversitasquality.ac.id:590/sinastekmapan/index.php/sinastekmapan/article/view/219

H. M. Yusuf AS, M. Munawir, and L. Syaifulbakhry, “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Fisika Melalui Penerapan Metodeekspositori Dan Teknik Drill Kelas Xi-Tbsm Smk Negeri 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018-2019,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, p. 434, 2021, doi: 10.31764/orbita.v7i2.6923.

A. Rambe, A. M. Lubis, and J. Erwina, “Perbandingan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Number Head Together Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Fisika,” J. Bimbing. dan Konseling, vol. 6, no. 2, p. 280, 2021, doi: 10.31604/ristekdik.2021.v6i2.280-285.

Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, “Inovasi Model Pembelajaran,” Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

I. K. N. Ardiawan and I. G. A. Wiradnyana, Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas. Badung: Nilacakra, 2020.

A. D. S. Krissandi, A. Sudigdo, and A. S. Nugraha, Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA. Yogyakarta: Kanisius, 2021.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010.

A. K. Pratiwi, M. Makhrus, and M. Zuhdi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Disika,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 290–295, 2021.

A. Bungkuran, H. Taunaumang, and A. Komansilan, “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Amrita Olabs Pada Materi Gelombang Bunyi,” J. Pendidik. Fis. Charm Sains, vol. 2, no. 3, pp. 149–155, 2021.

R. Raman, R. Vinusea, and P. Nedungdi, “Acquisition and User Behavior in Online Science Laboratories before and during the COVID-19 Pandemic,” J. Multimodal Technol. Interact., vol. 5, no. 46, pp. 1–16, 2021.

S. P. P. Rihi, V. O. Bano, and R. R. H. Enda, “Pengaruh Laboratorium Virtual Olabs App Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan,” J. Pendidik. dan Biol., vol. 14, no. 2, pp. 183–188, 2022, doi: 10.25134/quagga.v14i2.5753.Received.

P. Nedungadi, M. Prabhakaran, and R. Raman, “Benefits of activity based learning pedagogy with online labs (OLABs),” Proc. - 5th IEEE Int. Conf. MOOCs, Innov. Technol. Educ. MITE 2017, pp. 52–56, 2018, doi: 10.1109/MITE.2017.00015.

S. Rahayu, Y. Awalia, and M. Arsyad, Media Interaktif IPA. Guepedia, 2021.

E. R. Febniani, M. Taufik, Hikmawati, and Susilawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa,” Kappa J., vol. 6, no. 1, pp. 15–23, 2022, doi: 10.29408/kpj.v6i1.5767.

N. Azma, E. Cahyono, and M. Nuswowati, “Effectiveness of Online Learning Assisted by Olabs Virtual Laboratorium in Improving Students Science Process Skills,” Int. J. Act. Learn., vol. 7, no. 1, pp. 86–93, 2022.

F. Ismail, Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

S. D. Nurdini, R. H. Husniyah, M. M. Chusni, and E. M. Mulyana, “Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, p. 136, 2022, doi: 10.20527/jipf.v6i1.4412.

H. F. Rahim, A. Suyudi, and D. Haryoto, “Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor,” J. Ris. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2019.

A. F. A. Marhum and H. Budiningarti, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 08, no. 01, pp. 457–460, 2019.

Mu’minah, I. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis Olabs (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), 99-107.

Published
2023-09-26
How to Cite
Yunitasari, Y., Maryani, M., Harijato, A., & Priswawyani, H. M. (2023). The Influence of Applying the Guided Inquiry Learning Model Assisted By the Olabs Website On the Physics Learning Outcomes of High School Students . Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 16(2), 43-50. https://doi.org/10.37729/radiasi.v16i2.3396
Section
Articles