Pendekatan Contextual Teaching And Learning dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada MTs. Negeri Kebumen 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Keterampilan proses sains siswa kelas VII C MTs. Negeri Kebumen 2 tergolong masih rendah. Berdasarkan hasil obser vasi awal di kelas ter sebut, keter ampilan pr oses sain s sebesar 60,9%. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa men ggun akan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen. Jen is pen elitian ini adalah Pen elitian Tin dakan Kelas (PT K) dengan subjek pen elitian kelas VII C MTs. Negeri Kebumen 2 tahun pelajara n 2012/2013 yang ber jumlah 36 siswa. Pen elitian ini dilaksanakan pada bula n Oktober 2012 pada pokok bahasan Zat dan Wujudn ya. Instrumen yang digunakan dalam pen elitian in i yaitu lembar obser vasi keterampilan pr oses sains siswa, angket keterampilan proses sains siswa, an gket respon siswa terhadap pembelajaran, dan tes akhir siklus. Analisis data menggunakan teknik persentase yang dihitung dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kontekstual dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII C MTs. Negeri Kebumen 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 dari 60,9% pada pra siklus meningkat sebesar 7,9% menjadi 68,8% pada siklus 1. Pada siklus 2, keterampilan proses sains meningkat menjadi 76,1%. Respon siswa sangat positif terhadap pembelajaran. Respon siswa meningkat dari, 67% pada prasiklus, meningkat menjadi 78,6% pada siklus 1, dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 83,9%. Nilai ulangan harian siswa juga mengalami peningkatan. Pada bab sebelumnya, rata-rata nilai ulangan siswa sebesar 63,8 sedangkan pada siklus 1 sebesar 64,7, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 74,4