Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Lingkungan (APBL) pada Materi Dinamika Partikel terhadap Kemampuan Psikomotor P1 Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun

  • Agus Slamet Isnanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Alat Peraga Berbasis Lingkungan (APBL), Psikomotor P1

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna mengungkap tentang pengaruh penggunaan alat peraga berbasis lingkungan (APBL) pada materi dinamika partikel terhadap kemampuan psikomotor P1 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun. Sampel penelitian didapat dengan menggunakan teknik random sampling dari populasi 284 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun, sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 155 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket yang selanjutnya dianalisis uji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas, homogenitas, linieritas dan uji independensi dilakukan sebagai uji prasyarat dan selanjutnya data diuji hipotesis dengan menggunakan regresi linier. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara alat peraga berbasis lingkungan (APBL) terhadap psikomotor P1 peserta didik yang ditunjukkan pada R2 (0,997) dengan korelasi (0,999).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-30
How to Cite
Isnanto, A. S., Maftukhin, A., & Kurniawan, E. S. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Lingkungan (APBL) pada Materi Dinamika Partikel terhadap Kemampuan Psikomotor P1 Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 30-33. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/410
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>