Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Telah dilakukan penelitian dan pengembangan modul Fisika berbasis domain pengetahuan sains untuk mengoptimalkan minds-on siswa, serta untuk mengetahui kelayakan modul. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode angket, tes, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Produk yang dikembangkan adalah modul Fisika berbasis domain pengetahuan sains dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasar hasil penelitian diperoleh rerata persentase hasil evaluasi modul dari ahli 83%, dari guru Fisika 82%, dari teman sejawat 89%. Penggunaan modul Fisika berbasis domain pengetahuan sains dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan persentase ketuntasan siswa 84%. Selain itu, penggunaan modul dapat mengoptimalkan minds-on siswa. Rerata minds-on siswa adalah 43,52 dengan kategori “baik”. Dengan demikian, modul Fisika berbasis domain pengetahuan sains dengan pendekatan CTL layak digunakan dalam pembelajaran Fisika untuk mengoptimalkan minds-on siswa.