PENINGKATAN CUSTOMER SATISFACTION DENGAN MEMANFAATKAN E-SERVICE DALAM RANGKA KEBANGKITAN UMKM DI ERA PANDEMI

  • Rudi Prasetyo Ardi Universitas Bina Nusantara
Keywords: E-Service, Online Review dan Customer Satisfication

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari e-service dan online review dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di era pandemic. Penelitian ini menggunakan sampe sebanyak 100 konsumen yang pernah membeli makanan di Pujasera Abadi Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling yang dilakukan dengan memperoleh data dari sekumpulan populasi, lalu secara insidental atau secara kebetulan saja dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu dan dipandang data yang diperoleh cocok sebagai sumber data. Data dianalisis menggunakan software SPSS 23 dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Pujasera Abadi Kabupaten Semarang menampung 20 tenant yang menjual berbagai macam makanan sehari – hari. Lokasinyanya cukup mudah untuk didatangi akan tetapi karena maraknya persaingan usaha menjadi suatu perhatian besar bagi para penjual makan di pujasera kabupaten semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service dan Online Review secara bersama-sama dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfication pelanggan di Pujasera Abadi Kabupaten Semarang.

Published
2024-02-22
How to Cite
Ardi, R. P. (2024). PENINGKATAN CUSTOMER SATISFACTION DENGAN MEMANFAATKAN E-SERVICE DALAM RANGKA KEBANGKITAN UMKM DI ERA PANDEMI. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 10. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4271