https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/issue/feed SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis 2024-02-23T01:21:32+07:00 Intan Puspitasari, segmen@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Title :SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis<br>Abbreviation :SEGMEN<br>DOI Prefix :10.37729/SEGMEN<br>ISSN :<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1519976031&amp;26&amp;&amp;">0216-938X</a>(p), <a title="e-ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1519976031&amp;26&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2684-8414</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (January and July)<br>Editor in Chief :<a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&amp;user=6cIUk4MAAAAJ&amp;view_op=list_works&amp;sortby=pubdate" target="_blank" rel="noopener">Intan Puspitasari</a><br>Managing Editor :Endah Pri Ariningsih<br>Indexing :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/indexing">Click&nbsp;here</a><br>Focus &amp; Scope :<a href="http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/scopes">Click here</a></pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4266 KEBIJAKAN DIVIDEN DAN LAVERAGE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN BUMN DI INDONESIA 2024-02-23T01:15:41+07:00 Fatlina Zainudin Fatlina@gmail.com Juliana Kadang julikadang@gmail.com Munawara Munawara erwansastrawanfeb@gmail.com Erwan Sastrawan erwansastrawanfeb@gmail.com Suryadi Samudra suryadi5untad@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan pemerintah, leverage dan dividen <br>terhadap kinerja perusahaan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang terdaftar <br>pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Alat analisis data pada penelitian ini <br>menggunakan pendekatan standar dengan melakukan regresi cross section dan time series atau <br>dikenal dengan data panel untuk 16 perusahaan selama empat tahun berturut-turut. Hasil penelitian <br>menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen berpengaruh negatif terhadap kinerja <br>perusahaan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia periode 2016-2019. Selain itu, <br>leverage dan kebijakan dividen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, <br>sedangkan variabel kepemilikan negara berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap <br>kinerja perusahaan.</p> 2024-02-22T01:00:39+07:00 Copyright (c) 2024 SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4267 INTERNALISASI CHARACTER BUILDING BERBASIS LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DENGAN BADAN HUKUM KOPERASI 2024-02-23T01:21:32+07:00 Iyus Herdiana iyusherdiana@gmail.com Faridi Faridi iyussukomanah21@gmail.com Tobroni Tobroni iyussukomanah21@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi <em>Character Building </em>&nbsp;berbasis lembaga keuangan syari’ah dan dampak positifnya pada lembaga keuangan mikro dengan badan hukum koperasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif dengan mengambil latar koperasi jasa keuangan syari’ah baitul mal wat-tamwil (BMT) Binamas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Internalisasi&nbsp; <em>character building</em> berbasis lembaga keuangan syari’ah di BMT Binamas dilaksanakan dengan pendekatan model gabungan. Model gabungan adalah model yang menggabungkan atau mengintegrasikan antara kajian terstruktur di BMT Binamas dipadukan &nbsp;dengan &nbsp;praktik kegiatan sehari-hari. (2) Dampak positif dari Internalisasi <em>Character Building</em> di&nbsp; BMT Binamas melahirkan nilai-nilai karakter yang disingkat SEMANGAT yaitu seperangkat nilai yang terdiri dari 1. Senyum, salam, sapa dan santun 2. Energik.&nbsp; 3. Musyawarah. 4. Aktif-kreatif 5. Nasionalis 6. Gotong 7. Agamis. &nbsp;kemudian melahirkan&nbsp; 4 komitmen yang disingkat dalam kata&nbsp; STAF, yaitu seperangkat nilai yang meliputi 1. Shidiq 2. Tabligh 3. Amanah 4. Fatonah. Internalisasi <em>character building</em> yang terbangun dari model ini melahirkan sumber daya manusia dalam hal ini karyawan BMT Binamas yang relijius, disiplin, jujur, istiqomah, sabar, semangat, kerja keras, simpati, empati dan tanggung jawab.</p> 2024-02-22T01:23:54+07:00 Copyright (c) 2024 SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4268 BUDAYA ORGANISASI DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA KETERIKATAN PEGAWAI DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM 2024-02-22T02:12:02+07:00 Ridwan Baraba baraba@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan budaya organisasi dan kualitas kehidupan kerja terhadap keterikatan pegawai secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah tenaga pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini merupakan penelitian sampling jenuh artinya semua anggota populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Pengujian kuesioner yang valid, reliebel dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu Smart PLS 3.0 for Windows.</p> <p>Hasil penelitian diperoleh bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan pegawai dan kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan pegawai.</p> 2024-02-22T02:11:58+07:00 Copyright (c) 2024 SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4131 DAMPAK PERILAKU KONSUMTIF DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI SANDWICH 2024-02-22T06:33:51+07:00 Brayen Samuel Paendong samuelpaendong11@gmail.com Maria Rita maria.rita@uksw.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh perilaku konsumtif dan inklusi keuangan terhadap keputusan investasi pada generasi sandwich yang dimoderasi oleh literasi keuangan. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 175 orang dari generasi sandwich yang diambil dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan MRA (<em>Moderated Regression Analysis</em>) dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku konsumtif tidak berpengaruh negatif terhadap keputusan investasi, (2) inklusi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi, dan (3) literasi keuangan tidak terbukti memoderasi pengaruh perilaku konsumtif terhadap keputusan investasi pada generasi sandwich</p> 2024-02-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4271 PENINGKATAN CUSTOMER SATISFACTION DENGAN MEMANFAATKAN E-SERVICE DALAM RANGKA KEBANGKITAN UMKM DI ERA PANDEMI 2024-02-22T07:39:49+07:00 Rudi Prasetyo Ardi rudipras@gmail.com <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari e-service dan online review dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di era pandemic. Penelitian ini menggunakan sampe sebanyak 100 konsumen yang pernah membeli makanan di Pujasera Abadi Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling yang dilakukan dengan memperoleh data dari sekumpulan populasi, lalu secara insidental atau secara kebetulan saja dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu dan dipandang data yang diperoleh cocok sebagai sumber data. Data dianalisis menggunakan software SPSS 23 dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Pujasera Abadi Kabupaten Semarang menampung 20 tenant yang menjual berbagai macam makanan sehari – hari. Lokasinyanya cukup mudah untuk didatangi akan tetapi karena maraknya persaingan usaha menjadi suatu perhatian besar bagi para penjual makan di pujasera kabupaten semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service dan Online Review secara bersama-sama dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfication pelanggan di Pujasera Abadi Kabupaten Semarang.</p> 2024-02-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis