Hubungan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk UMKM Lanting Yu Kas di Kabupaten Purworejo

  • Adil Meitalio Amoro Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dyah Panuntun Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arta Kusumaningrum Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: label halal, keputusan pembelian, umkm, lanting yu kas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik konsumen lanting Yu Kas di Kabupaten Purworejo, 2) Mengetahui tahapan proses keputusan pembelian konsumen lanting UMKM Yu Kas di Kabupaten Purworejo, 3) Menganalisis hubungan label halal dengan keputusan pembelian konsumen lanting UMKM Yu Kas di Kabupaten Purworejo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, yaitu kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling yakni 97 responden. Untuk menganalisis data, digunakan analisis deskriptif, analisis interval kelas, dan analisis korelasi rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tujuan: Tujuan 1) karakteristik konsumen Yu Kas berdasarkan jenis kelamin sebagian besar perempuan, berdasarkan umur rentang umur 30-39 tahun, berdasarkan pekerjaan rata-rata ibu rumah tangga, berdasarkan alamat sebagian besar beralamat di Kecamatan Purworejo.  Tujuan 2) Tahapan keputusan pembelian konsumen Yu Kas meliputi pengenalan masalah, pencarian informasi, eval_uasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Tujuan 3) Label halal berkorelasi kuat dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk UMKM Lanting Yu Kas di Kabupaten Purworejo. Label halal meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk. Konsumen cenderung memilih produk lanting yang sudah memiliki label halal pada kemasannya. Temuan tersebut mengidentifikasi bahwa adanya label halal merupakan salah satu strategi penting yang dapat digunakan oleh UMKM lanting Yu Kas untuk meningkatkan daya saing dan menjadi nilai tambah produknya. Dengan demikian, disarankan bagi UMKM sejenis yang belum memiliki sertifikat halal/label halal untuk mempertimbangkan label halal

 

Kata Kunci: label halal, keputusan pembelian, umkm, lanting yu kas

Published
2024-03-29
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>