Media Pembelajaran Video Tutorial Sebagai Suplemen Pendukung dalam Pembelajaran di SMK

  • Shinta Fadlilah Umury Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Baedhowi Baedhowi Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Kristiani Kristiani Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Video Tutorial, SMK

Abstract

Pendidikan Abad 21 dihadapkan pada sejumlah tantangan dan peluang yang dituntut untuk terus – menerus melakukan antisipasi dan penyesuaian diri agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi yang luar biasa pesat sehingga dunia pendidikan harus selalu meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai macam usaha dan pembaharuan yang inovatif. Salah satu usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan melalui proses pembelajaran yang efektif dan dengan menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. Video tutorial dapat dijadikan sebagai supleman pendukung sebagai solusi dalam mengahasilkan proses pembelajaran efektif. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan video tutorial sebagai suplemen pendukung dalam pembelajaran. Gagasan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dari berbagai sumber. Berdasarkan hasil penulisan dari berbagai sumber diketahui bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan video tutorial layak dijadikan sebagai suplemen pendukung. Oleh karena itu, kedepannya perlu dilakukan pembelajaran maupun pembaharuan media pembelajaran video tutorial khususnya di SMK.

Published
2018-05-31
How to Cite
Umury, S. F., Baedhowi, B., & Kristiani, K. (2018). Media Pembelajaran Video Tutorial Sebagai Suplemen Pendukung dalam Pembelajaran di SMK. Surya Edunomics, 2(1), 22-33. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1062
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)