Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi

  • Anggun Intan Leksana Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Status Ekonomi Sosial Orang Tua, Rasa Percaya Diri Siswa, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan rasa percaya diri siswa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi 177 siswa kelas X IPS. Sampel berjumlah 119 siswa. Pengumpulan data menggunakan  analisis dokumen dan angket. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif  dengan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan status sosial ekonomi orang tua pada kategori kurang (60,50%), rasa percaya diri siswa pada kategori cukup (42%), dan prestasi belajar pada kategori cukup (69,75%). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 6,90% ; (2) ada pengaruh  signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar sebesar 13,70%; (3) ada signifikan antara variabel terhadap prestas belajar sebesar 13,50% dan 78,50% dipengaruhi oleh faktor lain

Published
2020-05-31
How to Cite
Leksana, A. I. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi . Surya Edunomics, 4(1), 15-20. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2383
Section
Articles