Pengaruh Konsep Diri dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI

  • Winda Hardiatun Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Konsep Diri, Prestasi Belajar, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adanya pengaruh signifikan antara konsep diri dan prestasi belajar baik secara individu maupun secara bersama terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Ambal  tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan realibilits serta metode analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai konsep diri pada kategori tinggi dengan persentase 57,10%, nilai prestasi belajar, pada umumnya berada pada kategori sangat tinggi dengan 60%, sedangkan untuk minat berwirausaha berada pada kategori tinggi dengan persentase 51,43%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara konsep diri terhadap minat berwirausaha sebesar 17. Ada pengaruh signifikan antara prestasi belajar terhadap minat berwirausaha sebesar 18,31%. Ada pengaruh signifikan antara variabel terhadap minat berwirausaha sebesar 36%  dan sisanya  64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2020-05-31
How to Cite
Hardiatun, W. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI . Surya Edunomics, 4(1), 21-26. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2384
Section
Articles