Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran

  • Riska Purnama Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan belajar baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari populasi 83 siswa diambil sampel 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial, korelasi ganda dan regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kebiasaan belajar berada pada kategori sangat baik (70,77%), lingkungan belajar termasuk dalam kategori sangat baik (75,39%) dan prestasi belajar termasuk dalam kategori cukup (75,38%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 27,77%. Ada pengaruh signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 16,81%. Ada pengaruh signifikan antara variabel terhadap prestasi belajar sebesar 38,80%. Sedangkan 61,20% dipengaruhi oleh faktor lain. 

Published
2020-05-31
How to Cite
Purnama, R. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran . Surya Edunomics, 4(1), 33-38. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2386
Section
Articles